PERENCANAAN MODUL PRAKTIKUM Z80 SIMULATOR SEBAGAI ALAT BANTU PEMBELAJARAN SISTEM MIKROPROSESOR Z80

Main Article Content

alwi nur faizal

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kelayakan Modul Praktikum Z80 Simulator Sebagai Alat Bantu Pembelajaran Sistem Mikroprosesor Z80, untuk digunakan dalam kegiatan pembelajaran Praktik Sistem Mikroprosesor. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development. Analisis data menggunakan penilaian angket uji validasi pakar ahli aspek struktur penyajian untuk mengetahui kelayakan modul praktikum dan hasil tanggapan siswa sebagai hasil dari ujicoba penggunaan modul praktikum dikelas. Pada penelitian ini diperoleh hasil berupa modul praktikum dengan isi tujuh buah materi percobaan dinyatakan layak oleh pakar ahli untuk digunakan, dengan dasar penilaian terhadap kelayakan teknik penyajian mencapai 92.5%(sangat layak), kelayakan materi penyajian 89.3% (sangat layak) dan kelayakan penyajian pembelajaran 92.5% (sangat layak). Sedangkan untuk hasil tanggapan siswa terhadap ujicoba penggunaan modul praktikum memperoleh tanggapan positif dengan hasil angket pada 13 item soal memperoleh persetujuan dengan skor penilian mencapai ≥ 70% (setuju) dan rata-rata bernilai 80% (sangat setuju). Simpulan dari penelitian ini modul praktikum Z80 Simulator Sebagai Alat Bantu Pembelajaran Sistem Mikroprosesor Z80 layak digunakan dalam kegiatan pembelajaran mikroprosesor dan mampu untuk membantu proses kegiatan pembelajaran sistem mikroprosesor, khususnya Z80. Supaya program dapat digunakan dengan lebih mudah dan leluasa, kedepannya dapat dilakukan dengan cara membeli lisensi program Z80 Simulator secara resmi kepada pihak pengembang program yakni OSHONSOFT.

Article Details

Section
Articles

References

Arikunto, Suharsimi. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta.

Arsyad, Azhar. (2007). Media Pembelajaran. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada

BSNP (Badan Standar Nasional Pendidikan).(2006). Instrumen Penilian Tahap II Buku Teks Pelajaran Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta : BSNP

Darmiatun, Suryatri. (2013). Menyusun Modul: Bahan Ajar Untuk Persiapan Guru Dalam Mengajar. Yogyakarta : Gava Media.

Ihsan, Fuad. (2011). Dasar-Dasar Kependidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Majid, Abdul. (2009). Perencanaan Pembelajaran: Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

Maulvino, Albert Paul & Tjia May On. (1994). Elektronika Komputer Digital : Pengatar Mikrokomputer Edisi kedua. Jakarta : Erlangga.

Ord, Jon. (2012). John Dewey and Experiential Learning : Developing The Teori of Youth Work. Jurnal of Youth & Policy 108 (4): 55-72.

Oshonsoft. (2001). Z80 Simulator IDE: With Z80 Basic Compiler [online]. Tersedia di : www.oshonsoft.com/z80.html. 20 Juli 2016 (15:00).

Sentot Wijanarka, Bernardus. (2012). Disertasi. Pengembangan Modul dan Pembelajaran Kompetensi Kejuruan Teknik Permesinan CNC SMK. Yogyakarta.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : Alvabeta.

Somantri, Yoyok. (tt). Arsitektur Mikroprosesor Z80. Modul Belajar MPTK Universitas Pendidikan Indonesia.

UU RI No.20 Tahun 2003 Sistem Pendidikan Nasional pasal 1 ayat 20