PENERAPAN ANIMASI KARTUN 3D BERBASIS MUVIZU PADA MATERI PERANGKAT KERAS KOMPUTER

Main Article Content

Kirana Diyah Prameswari

Abstract

Berdasarkan hasil observasi yang telah dilakukan oleh peneliti, terdapat beberapa faktor internal maupun eksternal yang mengurangi efektifitas pembelajaran pada materi perangkat keras di kelas VII SMP Al Madina Semarang. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kelayakan media animasi kartun 3D Berbasis Muvizu, mengetahui hasil belajar dan respons siswa terhadap media, serta mengetahui bagaimana pengaruh media terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan Desain One-Group Pretest-Posttest Design. Media animasi kartun 3D Berbasis Muvizu dikategorikan layak setelah melalui validasi dari sisi kualitas media maupun materi. Hasil belajar siswa setelah diberi perlakuan mengalami peningkatan yang signifikan. Hal ini dibuktikan melalui perhitungan uji gain dengan hasil 0.63 yang berada pada kategori sedang. Respons siswa terhadap media dari beberapa aspek menunjukkan respons positif. Perhitungan uji korelasi dan determinasi menunjukkan bahwa media animasi kartun 3D Berbasis Muvizu berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa.

Article Details

Section
Articles