EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA JURUSAN TEKNIK AUDIO VIDEO

Main Article Content

Yuana yuana

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui apakah melalui model pembelajaran Reciprocal Teaching dapat meningkatkan hasil belajar mata diklat Teknik Televisi pada siswa kelas XI jurusan TAV SMK Negeri 2 Salatiga. Penelitian ini dilakukan secara kolaboratif anata guru mata diklat Teknik Televisi kelas XI TAV A SMK Negeri 2 Salatiga dengan peneliti. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI TAV A yang berjumlah 31 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah RPP, Jobsheet, tes tertulis, lembar observasi utuk guru dan murid, dan dokumentasi berupa foto-foto saat penelitian berlangsung.Hasil penelitian ini adalah (1) Model pembelajaran Reciprocal Teaching efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa apabila diterapkan pada mata diklat teknik televisi, hal ini dibuktikan dengan langkah-langkah yaitu: siswa dibagi menjadi beberapa kelompok kecil, siswa diminta untuk membuat ringkasan (summarizing), siswa diminta untuk membuat pertanyaan terkait materi praktikum (tahap Question Generating), setiap siswa diberi kesempatan untuk mengklarifikasi materi yang dianggap sulit yaitu dengan bertanya kepada guru (tahap Clarifying), siswa diberikan soal yang memuat soal pengembangan (tahap predicting). (2) Model pembelajaran Reciprocal Teaching dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat berdasarkan hasil tes. Hasil tes Siklus I ketuntasan klasikal yang diperoleh adalah sebesar 68% dengan rata-rata kelas adalah 78. Hasil ini meningkat pada siklus II, ketuntasan klasikal yang diperoleh adalah 100%, dengan rata-rata kelas yang diperoleh adalah sebesar 83. (3) Model Reciprocal Teaching dapat memotifisai siswa untuk lebih giat belajar. Hal ini dapat dilihat dari hasil observasi aktifitas siswa pada siklus I diperoleh rata rata jumlah aktifitas tiap siswa adalah 59,29 dengan prosentase 61,76% dan pada siklus II meningkat menjadi 78,16 dengan prosentase 81,42%.

Article Details

Section
Articles