MEDIA TUTORIAL PEMROGRAMAN BAHASA C BERBASIS CAMTASIA

Main Article Content

Holy Bagas Anggoro

Abstract

Metode pembelajaran yang umum masih dilakukan guru adalah ceramah. Tidak sedikit siswa merasa bosan dan jenuh untuk mempelajari materi. Media pembelajaran akan lebih menarik dan mudah dipahami dengan menggunakan perangkat lunak yang berbasis multimedia. Metode penyampaian materi Dasar Pemrograman Bahasa C masih kurang menarik dan bervariatif. Untuk itu diperlukan sebuah metode dan media pembelajaran yang berbasis komputer yang menarik, bervariatif dan dapat mendukung proses belajar siswa agar dapat dengan mudah memahami pelajaran tersebut.

Media pembelajaran dalam penelitian ini berupa video tutorial. Dimana dalam video tersebut terdapat visual keyboard serta narasi yang memudahkan responden dalam menerima materi. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data dengan memberi seperangkat pertanyaan atau pernyataan tertulis kepada responden dalam bentuk angket pertanyaan terbuka. Responden penelitian ini adalah beberapa dosen jurusan Pendidikan Teknik Elektro serta mahasiswa Pendidikan Teknik Elektro angkatan 2008 Universitas Negeri Semarang. Untuk menguji kualitas materi, responden mahasiswa diberi soal tentang materi tersebut. Sedangkan untuk menguji validitas media, dosen menilai dengan mengisi angket yang telah disediakan.

Berdasarkan hasil pembahasan angket validasi dosen bahwa dosen memberikan nilai sebesar 86,28% dengan kategori baik. Dan hasil angket tanggapan mahasiswa mendapat nilai sebesar 88,06% dengan kategori baik. Dan dapat disimpulkan media tutorial Pemrograman Bahasa C layak digunakan sebagai media pembelajaran. Selain itu media pembelajaran ini memberikan warna baru dalam proses pembelajaran dengan tampilan yang menarik karena menggunakan video yang membantu menambah pemahaman siswa.

Article Details

Section
Articles