PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS BLOG UNTUK MATA PELAJARAN KETERAMPILAN ELEKTRONIKA KELAS XI DI MAN KENDAL

Main Article Content

Winda Febry Hartono

Abstract

Media pembelajaran berbasis Blog merupakan suatu media pendidikan yang menggunakan komputer dan atau internet. Media pembelajaran tersebut memiliki keuntungan, antara lain jangkauan wilayah geografis yang lebih luas, lebih menarik dan menghilangkan kebosanan atau kejenuhan siswa dalam mengikuti pelajaran sehingga mendukung proses belajar optimal. Media pembelajaran adalah sebuah alat yang berfungsi untuk menyampaikan pesan pembelajaran. Pembelajaran adalah sebuah proses komunikasi antara peserta didik, pendidik dan sumber belajar. Komunikasi tidak akan berjalan tanpa bantuan sarana penyampai pesan atau media. Pesan yang akan dikomunikasikan adalah isi pembelajaran yang ada dalam kurikulum yang dituangkan oleh pengajar atau fasilitator atau sumber lain ke dalam simbol-simbol komunikasi, baik simbol verbal maupun simbol non verbal atau visual. Blog merupakan singkatan dari web log adalah bentuk aplikasi web yang menyerupai tulisan-tulisan ataupun media gambar dan video pada sebuah halaman web umum.

Penelitian dilakukan di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Kendal yang berlokasi di Jalan Raya Barat Kompleks Islamic Center Kendal dimulai dari tanggal 25 Februari 2013 sampai selesai.
Tingkat keberhasilan media pembelajaran berbasis Blog dengan menggunakan angket yang diisi oleh siswa kaitannya dengan penilaian isi dari materi yang terdapat pada Blog dengan hasil belajar siswa pada kelas eksperimen yaitu dengan pengaruh sebesar 20%. Hal tersebut dapat terjadi karena pada pemanfaatan media pembelajaran berbasis Blog, siswa dapat belajar dalam suasana yang menyenangkan sehingga membuat siswa lebih tertarik dalam mengikuti pelajaran sehingga dapat mendukung proses belajar secara optimal..

Article Details

Section
Articles