TRAINER TELEVISI LED SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN TROUBLESHOOTING TELEVISI LED DI SMK WISUDHA KARYA KUDUS

Main Article Content

Gita Surya Yuningtyastuti
Suryono Suryono

Abstract

Proses pembelajaran pada mata pelajaran Memperbaiki Sistem Penerima televisi LED merupakan perpaduan antara penjelasan teori dan kegiatan praktik. Belum adanya media pembelajaran berupa Trainer membuat siswa mengalami kesulitan ketika melaksanakan praktik dan tidak jarang menimbulkan  kerusakan yang lebih besar. Tujuan penelitian adalah membuat media pembelajaran berupa Trainerdan modul pembelajaran, mengetahui kevalidan, menguji kelayakan, dan keefektifan Trainerdan modul pembelajaran troubleshooting televisi LED.Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian Research and Development (R&D), merupakan salah satu metode yang digunakan untuk penelitian dan pengembangan suatu sistem. Teknik pengumpulan data adalah dengan wawancara dan kuesioner. Data yang diperoleh dianalisis dengan cara mendeskripsikan atau menggambarkan data yang telah terkumpul. Hasil penelitian menunjukkan, setelah menggunakan media pembelajaran Trainer hasilnya lebih baik dengan skor rata-rata 81,40 dibandingkan dengan sebelum menggunakan media Trainer yang hanya 61,78.

Article Details

Section
Articles