TROUBLESHOOTING SISTEM AUDIO MOBIL SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN TEKNIK AUDIO VIDEO DI PENDIDIKAN TEKNIK ELEKTRO UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG

Main Article Content

Sadiah Fajri

Abstract

Modul Praktikum pada Lab Audio Pendidikan Teknik Elektro masih sangat diperlukan, khususnya Sistem AudioMobil yang dapat digunakan untuk kelengkapan praktikum. Penelitian ini bertujuan untuk merealisasikan perangkat Troubleshooting Sistem Audio Mobil yang layak digunakan untuk kelengkapan praktikum audio pada mata kuliah Teknik Audio Video.Metode penelitian yang digunakan adalah metode Research and Development. Produk yang dibuat berupa media pembelajaran Troubleshooting Sistem Audio Mobil dengan mensimulasikan 14 permasalahan. Tahap pengujian meliputi uji validasi, uji kelayakan, dan praktikum pengguna.


Hasil penelitian menunjukkan data uji validasi ahli sebesar 81,73%, uji kelayakan sebesar 83,19% dan hasil praktikum pengguna sebesar 90,34%. Perangkat TroubleshootingSistem Audio Mobil ini mensimulasikan gangguan kerusakan dengan cara memutus switch yang dipersiapkan selanjutnya melakukan perbaikan dengan menyambung saklar gangguan yang telah ditentukan pada perangkat troubleshooting  ini. Gangguan kerusakan yang ditampilkan pada trainerini yaitu pada bagian Power Supply, Control Power Amplifier, Monitor, Input RL Power Amplifier, Crossover RL, Subwoofer, Front Speaker  RL, Tweeter RL, dan Rear Speaker RL. Hasil uji validasi oleh dosen, uji kelayakan oleh mahasiswa, dan pengujian pengguna media pembelajaran Troubleshooting Sistem Audio Mobil memperoleh rata-rata sebesar 85,08% dan sangat layak digunakan untuk kegiatan pembelajaran Teknik Audio Video.

Article Details

Section
Articles