Modul Programmable Logic Controller (PLC) Menggunakan Cx-Programmer Untuk Siswa SMK
Main Article Content
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan modul sebagai pendampin belajar PLC sesuai dengan kebutuhan pembelajaran dan untuk mengetahui kelayakan modul PLC dalam proses pembelajaran di mata pelajaran produktif program keahlian Teknik Instalasi Pemanfaatan Tenaga Listrik (TIPTL) SMK Dr Tjipto Semarang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian pengembangan dengan metode R&D (research and development) yang dibatasi pada beberapa tahap saja, tahap-tahap tersebut meliputi:potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, dan produksi masal. Penelitian tahap uji kelayakan melibatkan guru dan siswa, dengan jumlah 3 guru ahli dan 20 siswa jurusan Teknik Instalasi Pemanfaatan Tenaga Listrik. Hasil penilaian mengenai kelayakan modul oleh guru ahli pada aspek materi mendapat skor 94 % (sangat layak), pada aspek tampilan mendapat skor 95 % (sangat layak), dan pada aspek tujuan mendapat skor 92 % (sangat layak). Penilaian pada uji coba pemakaian oleh siswa pada aspek pembelajaran mendapat skor 80 % (layak), pada aspek isi mendapat skor 78 % (layak), pada aspek penyajian mendapat skor 81 % (layak), pada aspek daya tarik mendapat skor 80 % (layak), dan pada aspek umpan balik mendapat skor 81 % (layak). Berdasarkan dari hasil uji kelayakan dan uji pemakaian dapat disimpulkan bahwa modul praktek PLC layak digunakan sebagai bahan ajar pembelajaran untuk mata pelajaran instalasi motor listrik pada sub bab PLC di SMK Dr. Tjipto Semarang.