Kesesuaian Learning Management System (LMS) Schoology Sebagai Teknologi Penunjang Kegiatan Belajar Mengajar Siswa Sekolah Menengah Pertama Di Era Generasi Z (Studi Kasus SMP IT Insan Cendekia Semarang)

Main Article Content

Hendro E. Prabowo

Abstract

Tingginya mobilitas manusia dalam kehidupan sehari-hari memberikan dampak pada dunia pendidikan. Salah satunya adalah materi yang disampaikan pada siswa kurang maksimal dan perhatian serta pengawasan terhadap siswa baik dari segi orang tua maupun tenaga pendidik (guru) menjadi sangat kurang. Hal ini semakin parah dengan adanya gawai pintar (smart gadget) yang digunakan secara luas. Siswa yang lahir pada generasi Z atau generasi melek internet menghabiskan 7,5 jam per hari bersama dengan gawai mereka. Jika kondisi ini tidak diarahkan, diawasi dan dimanfaatkan dengan baik, maka minat belajar siswa semakin lama akan semakin menurun. Learning Management System (LMS) Schoology dapat menjadi solusi untuk mengatasi masalah tersebut. Namun sebelum diterapkan, kita perlu mengetahui kesesuaian layanan atau fitur LMS dengan kegaitan belajar mengajar yang berlansung saat ini. Berdasarkan hasil pelatihan dan pengujian (pre-test dan post-test), sebanyak 75% tenaga pendidik merasa LMS ini sesuai jika diterapkan pada pembelajaran mereka. Sedangkan lainnya (25%), mereka merasa LMS ini belum begitu diperlukan mengingat masih diperlukan pengawasan lebih untuk siswa tingkat menengah pertama dalam penggunaan gawai.

Article Details

Section
Articles