Prototype Smart Water Monitoring Untuk Pengembangan Fishery Management System

Main Article Content

NurAini Syam
Adnan Fadli
Rahmawati Rahmawati
Dian Megah Sari
Heliawati Hamrul

Abstract

ABSTRAK


Indonesia adalah negara perekonomian terbesar di Asia Tenggara. Salah satu keanekaragaman yang dimiliki Indonesia dan patut dibaggakan adalag keragaman spesies ikannya, Ikan banyak dimanfaatkan dalam kehidupan manusia baik itu untuk dikonsumsi ataupun dipelihara. Salah satu spesies jenis ikan yang banyak dipelihara oleh masyarakat adalah ikan hias, dan dalam pemeliharaan dibutuhkan ketelitian dan ketepatan waktu dalam perawatan agar kualitas airnya tetap terjaga. Pada pergantian air masih melakukan secara manual, seperti menghidupkan pompa. Oleh karena itu penulis bertujuan untuk membuat suatu alat, sistem pergantian air secara otomatis dan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dan pengujian Blackbox, hasil dari penelitian adalah sistem ini dibuat dalam bentuk Prototype dimana ketika sensor Turbidity mendeteksi di > 25 NTU (NephelometricTurbidity Unit) maka Nodemcu memerintahkan relay untuk mengaktifkan pompa pembuangan, dan setelah proses pengurasan dan sensor ultrasonik mendeteksi air di 13 cmk maka, pompa pengisian akan aktif, dan setelah proses pengisian dan ultrasinik mendeteksi air dijarak 4 cm maka pompa pengisian akan mati dan nilai kedua sensor akan tersimpan di database dan tampilkan di website.


Kata Kunci: Pendeteksi air, Ikan


 

Article Details

Section
Articles

References

Maria Gureti Usboko. (2018). RANCANG BANGUN ALAT MONITORING AIR LAYAK KONSUMSI BERBASIS ARDUINO UNO PADA DEPOT AIR MINUM.
Moleong. (2005). NoKualitatf, pengertian peneliitian-penelitian. Anwar Hidayat.
Muddin, S., Baharuddin, H., Risal H, M., & Ardilla, A. (2020). Rangcang alat sistem kontrol pergantian air keruh dengan pompa
Sp-12-00 dan sensor Turbididty pada akurium.