Efektivitas Pembelajaran E-learning Berbasis Moodle untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Dasar-dasar Teknik Elektronika di SMK Negeri 1 Ampelgading

Main Article Content

Dita Dwi Apriliyani
Dwi Purwanti

Abstract

Perkembangan teknologi informasi membawa perubahan dalam berbagai bidang, salah satunya yaitu pendidikan. Kemunculan Covid-19 membuat sekolah dilaksanakan secara daring. Hal ini mengakibatkan kegiatan pembelajaran dilakukan secara online dengan memanfaatkan teknologi. Salah satunya adalah penggunaan e-learning. Tujuan penelitian ini untuk: (1) Membuat desain media pembelajaran e-learning berbasis moodle pada mata pelajaran Dasar-dasar Teknik Elektronika, (2) Mengetahui tingkat kelayakan media e-learning, (3) Mengetahui efektivitas media e-learning terhadap hasil belajar peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development. Untuk mengetahui apakah media layak digunakan maka dilakukan uji validasi ahli media dan materi. Penelitian pada kelas X Teknik Elektronika 2 diawali dengan observasi awal dan pemberian pretest untuk mengetahui kondisi awal sampel. Kemudian kegiatan belajar menggunakan e-learning berbasis moodle. Terakhir diberikan posttest untuk mengetahui hasil akhir penelitian. Data yang diperoleh dianalisis dengan uji normalitas gain dan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-learning yang dikembangkan layak digunakan sebagai media pembelajaran dengan hasil persentase uji ahli media sebesar 83.92% dengan kriteria ‘Layak’ dan uji ahli materi sebesar 88.57% dengan kriteria ‘Sangat Layak’. Analisis N-gain memperoleh hasil 0.7 dengan kategori sedang yang menunjukkan terjadi peningkatan hasil belajar sebelum dan sesudah pemberian tindakan. Perhitungan hasil akhir dengan uji-t diperoleh thitung = 25.73 dan ttabel 2.03, sehingga hipotesis yang dapat diambil adalah thitung > ttabel yang berarti H0 ditolak dan Ha diterima. Dimana dapat disimpulkan bahwa e-learning berbasis moodle efektif dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik pada aspek kognitif.


 


Kata kunci e-learning, hasil belajar, kognitif, moodle

Article Details

Section
Articles

References

[1] Hardianto, Deni. 2005. Media Pendidikan sebagai Sarana Pembelajaran yang Efektif. Majalah Ilmiah Pembelajaran 1 Vol 1.
[2] Sitanggang, Desi Andriani, et. al. Efektivitas E-Learning Berbasis Moodle di SMK Karya Guna Kelas XI TKJ II Materi Ajar Praktik Jaringan Komputer. Jurnal Pinter 4(1).
[3] Lestari, R. S. & L. hana. (2020). Literasi Sains Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Blended Learning Dengan Blog. NATURALISTIC: Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan …, 4(2), 597–604.
[4] Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
[5] Hake, R. 1999. Analyzing Change/ Gain Score. Indiana: Indiana University.
[6] Gumilar, K. 2013. Penerapan Metode Survey, Question, Read, Recite, Review (SQ3R)untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Skripsi. Universitas Pendidikan Indonesia.
[7] Arikunto. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Edisi Revisi VI. Jakarta. Rineka Cipta.