PENGGUNAAN BOOKLET“GERAKAN TANAH†UNTUK SUMBER BELAJAR PADA PEMBELAJARAN GEOGRAFI MATERI PEDOSFER KELAS X SMA MA’ARIF KARANGMONCOL KABUPATEN PURBALINGGATAHUN AJARAN 2016
Main Article Content
Abstract
Booklet Gerakan Tanah merupakan sebuah produk Badan Geologi “Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Tanah Longsor†yang dapat digunakan untuk media pembelajaran atau sumber pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas belajar siswa, tanggapan siswa terhadap pembelajaran dan hasil belajar kognitif siswa materi tanah longsor dan dampak terhadap kerusakan lingkungan dengan menggunakan media booklet gerakan tanah untuk sumber belajar. Jenis penelitian ini adalah penelitian pre-eksperimentaldengan subjek penelitian diambil menggunakan teknik Purposive. Metode pengumpulan data untuk penelitian ini adalah observasi, dokumentasi, angket dan tes. Hasil penelitian menunjukan aktivitas belajar siswa termasuk kedalam kategori Aktif dengan nilai rata-rata 82,96. Tanggapan siswa terhadap pembelajaran menggunakan booklet gerakan tanah termasuk kedalam kategori sangat baik dengan nilai rata-rata 83,44. Hasil belajar kognitif siswa menunjukan hasil yang memuaskan dengan jumlah siswa yang tuntas lebih banyak dibandingkan jumlah siswa yang tidak tuntas dengan presentase ketuntasan komulatif 85,71%. Dengan demikianmedia booklet gerakan tanah dapat digunakan untuk salah satu alternatif sumber belajar pada pembelajaran Geografi materi tanah longsor.
Soil movement booklet is a product by The Central of Vulcanology and Landslide Mitigation Geology Agency which can be used as teaching media or source of learning. This study aimed to know the learning activity of students, students’ response towards the learning, cognitive learning result about landslide material and the impacts of destruction of environment using soil movement booklet media as the source of learning. The type of this study is pre-experimental where random sampling technique is used to decide the subject. The techniques of collecting data of the study are observation, documentation of photos, questionnaires and tests. The result of the study shows that the learning activity of students is good with an average number of 80,95. Students response towards the learning using the booklet of soil movement is very good with an average number of 83,44. Whereas the cognitive learning result of the students is satisfying with cumulative comprehensiveness percentage 85,71%. As a conclusion, the soil movement booklet media can be used as one of many alternative medias as a source of learning in landslide material in Geography subject.