KETEPATAN PEMILIHAN DAN PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN GEOGRAFI SMA NEGERI DI KABUPATEN JEPARA

Main Article Content

Shintya Wijayati Setianingsih
Eva Banowati
Apik Budi Santoso

Abstract



Penelitian  ini  bertujuan  untuk  mengetahui  ketersediaan  media  pembelajaran  geografi  dan tingkat ketepatan  pemilihan serta penggunaan media pembelajaran geografi. Populasi dalam penelitian  ini  adalah  seluruh  guru   geografi  SMA  Negeri  di  Kabupaten  Jepara,  teknik pengumpulan  data  menggunakan  observasi,  wawancara,  dokumentasi  dan  angket  dengan metode analisis deskripsi persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketersediaan media pembelajaran geografi tergolong lengkap, namun dari segi jumlah belum memenuhi kebutuhan sedangkan tingkat ketepatan pemilihan dan penggunaan  media pembelajaran 50% guru sudah tepat dalam memilih media pembelajaran geografi dan sudah menerapkan teknik penggunaan media yang  benar. Kesimpulannya 4 dari 10  SMA Negeri di Kabupaten Jepara sudah tepat dalam memilih dan menerapkan teknik penggunaan media yang benar.


The aims of this study were to know the availability of the teaching media of the geography subject and the  appropriateness of the teaching media’s selection, and also the use of the media itself. The population of this study was the geographic’s teachers in the state owned senior high school of Jepara regency. The data was collected by using observation, interview, documentation, and questionnaires. Then, the data  was analyzed by  using the descriptive procentage method. The result of the study showed  that the availability of the teaching media was complete enough. However, the number of the teaching media itself  have not required the
needs of the teaching. The appropriateness’ level of selection and using the teaching media was 50% of the teachers have selected and used the appropriate media. The conclusion of this study was 50% of the teachers  in  state owned senior high school of Jepara regency have selected and applied the appropriate media in teaching geography’s subject.

Article Details

Section
Articles