EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA KARTU BERPASANGAN DALAM PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN KOOPERATIF TERHADAP HASIL BELAJAR GEOGRAFI KELAS X SMA N 1 SINGOROJO KABUPATEN KENDAL SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2011/2012

Main Article Content

Sisna Yuliana Diah Utami Putri
Heri Tjahjono
Apik Budi Santoso

Abstract



Guru merupakan ujung tombak dalam pelaksanaan pembelajaran termasuk pada pemilihan media pembelajaran, namun terkadang guru kurang memperhatikan ketepatan pemilihan media pembelajaran. Pemilihan SMA N 1 Singorojo, berdasarkan beberapa alasan yaitu karena SMA 1 Singorojo merupakan sekolah yang masih baru dan belum mempunyai media pem belajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1). Bagaimanakah pelaksanaan pem belajaran Geografi materi pokok Hidrosfer menggunakan media kartu berpasangan dengan pendekatan kooperatif, (2). Sejauh manakah efektivitas penggunaan media kartu berpasangan dengan pendekatan kooperatif terhadap hasil belajar siswa SMA N 1 Singorojo. Berdasarkan penelitian diperoleh hasil sebagai berikut : (1). Pelaksanaan pembelajaran dilihat dari kinerja guru pada pertemuan pertama termasuk dalam kriteria Cukup baik dengan skor rata-rata 2,8 , pertemuan kedua dalam kategori Baik dengan rata-rata skor 3,5 , dan pertemuan ketiga de ngan rata-rata skor 3,8 termasuk dalam kategori Baik, dan pada setiap pertemuan terjadi peningkatan. (2). Terdapat perbedaan hasil belajar antara kelompok pre test dan post test, karena adanya treatment yaitu penggunaan media kartu berpasangan dengan pendekatan kooperatif. Untuk menguji seberapa besar peningkatan efektivitas penggunaan media kartu berpasangan dengan pendekatan kooperatif terhadap hasil belajar siswa materi Hidrosfer, digunakan uji Gain dan pada pre test post test I 0,46 , pre test post test II diperoleh skor 0,588, pre test post test III 0,590. Ini berarti ada peningkatan efektivitas dalam kategori sedang dalam penggunaan media kartu berpasangan dengan pendekatan kooperatif.


Teachers are at the forefront in the implementation of learning, including the selection of instructional media, but sometimes the teacher is not an accurate selection of instructional media. Selection of SMA N 1 Singorojo, based on several reasons, namely because one Singorojo High School is a school that is still new and does not have any learning media. This study aimed to determine (1). How is the implementation of learning Geography subject matter using a media card Hydrosphere paired with a cooperative approach, (2). To what extent does the effectiveness of the use of media cards paired with a cooperative approach to student learning outcomes SMA N 1 Singorojo. Based on the research results are as follows: (1). Implementation of learning seen from the performance of teachers at the first meeting the aforementioned criteria well enough to score an average of 2.8, the second meeting in a good category with an average score of 3.5, and a third encounter with an average score of 3.8 is included in Both categories, and at each meeting there was an increase. (2). There are differences in learning outcomes between the pre-test and post-test, because the treatment is the use of the media card is paired with a cooperative approach. To test how much the increased effectiveness of the use of media cards paired with a cooperative approach to student learning outcomes Hydrosphere material, use Gain test on pre-test and post-test I 0.46, pretest posttest scores obtained 0.588 II, III pre test post test 0.590. This means there is an increase in the effectiveness of the medium category in the use of media cards paired with a cooperative approach.

Article Details

Section
Articles