SUMBANGAN PENDAPATAN PESANGGEM TERHADAP KEMAMPUAN MEMENUHI KEBUTUHAN PENDIDIKAN MASYARAKAT DESA HUTAN NGLIRON KPH RANDUBLATUNG

Main Article Content

Sudharmono Sudharmono
Eva Banowati
Hariyanto Hariyanto

Abstract



Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya pendapatan pesanggem,  mengetahui besarnya kebutuhan pendidikan di masyarakat, dan mengetahui seberapa besar sumbangan pendapatan pesanggem terhadap kemampuan memenuhi kebutuhan pendidikan keluarga. Populasi dalam penelitian ini adalah anggota LMDH Sidodadi Mulyo Desa Ngliron yang berjumlah anggota 368 orang. Sejumlah 177 anggota diambil sebagai sampel dengan tehnik random sampling. Variabel dalam penelitian ini adalah pendapatan pesanggem dan kemampuan memenuhi kebutuhan pendidikan keluarga. Tehnik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner, dokumentasi, dan observasi. Tehnik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif persentatif dan korelasi product moment. Berdasarkan hasil penelitian terdapat hubungan yang positif antara pendapatan pesanggem yang rendah terhadap kemampuan pesanggem dalam memenuhi kebutuhan pendidikan keluarga yang rendah pula.



This Research aim to know the level of earnings pesanggem, knowing the level of education requirement in society, and know how big contribution of earnings pesanggem to ability fulfill the requirement of family education. Population in this research is member of LMDH Sidodadi Mulyo of Countryside Ngliron amounting to member 368 people. A number of 177 member taken by as sampel technicsly is random sampling. Variable in this research is earnings of pesanggem and ability fulfill the requirement of family education. Technics of data collecting in this research use the quesionare, documentation, and observation. Technics analyse the data in this research use the descriptive analysis of persentatif and correlation of product moment. Pursuant to research result of there are relation which are positive between pesanggem low earning concern pesanggem in low ability requirement of family education.

Article Details

Section
Articles