PENGEMBANGAN CD INTERAKTIF DEGRADASI LINGKUNGAN SEBAGAI MEDIA DAN SUMBER BELAJAR GEOGRAFI SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 5 PURWOREJO TAHUN AJARAN 2011/2012

Main Article Content

Yudi Aryanto
Dewi Liesnoor Setyowati
R. Sugiyanto

Abstract



Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui problema pada pembelajaran geografi materi lingkungan hidup di SMA Negeri 5 Purworejo yang masih menggunakan sumber dan media belajar yang sifatnya konvensional. Peneliti mengembangkan media CD Interaktif Degradasi Lingkungan sebagai media dan sumber belajar geografi alternatif. Metode yang digunakan adalah metode Research and Development. Metode pengumpulan data yang digunakan observasi, dokumentasi, dan angket. Teknik analisis data menggunakan deskriptif persentase. Hasil penelitian menunjukan media dibuat menggunakan software Adobe Flash CS3 Professional, perolehan validasi media tersebut sebesar 86,67%, kriteria media “sangat layak” dan pada uji coba media diperoleh kelayakan media sebesar 91,33%, kriteria media “sangat baik”. Berdasarkan hasil validasi materi media sebagai sumber belajar geografi diperoleh persentase kelayakan sebesar 87,47%, kriteria “sangat layak”. Simpulan bahwa media CD Interaktif Degradasi Lingkungan layak digunakan dalam pembelajaran geografi dan materi media juga sudah layak dijadikan sebagai sumber belajar geografi.



This study aims to determine the problems in the learning environment in the geography materials SMA Negeri 5 Purworejo still use media sources and conventional nature of learning. Researchers develop Degradation Interactive CD media as media and alternative sources of learning geography. The method used is the method of Research and Development. Data collection methods used observation, documentation, and questionnaires. Descriptive data analysis techniques using percentages. The results showed the media created using Adobe Flash CS3 Professional software, media validation acquisition of 86.67%, the criterion media ”very decent” and to test the feasibility of media obtained 91.33% of the media, media criteria ”very good”. Based on the results of the validation media materials as a source of learning geography gained eligibility percentage of 87.47%, the criteria for ”very decent”. The inference that the media Degradation Interactive CD fit for use in teaching geography and media material as well as they should be used as a source of learning geography.

Article Details

Section
Articles