TINGKAT LITERASI SAINS GLOBAL WARMING TERHADAP SUSTAINABLE LEFESTYLES GURU SEKOLAH DASAR DI DESA BANGSRI KABUPATEN JEPARA

Main Article Content

Febrina Larasati
Juhadi Juhadi

Abstract

The aim of this research is to know a global warming science literacy and attitude of sustainable lifestyles a teacher of primary
school and how this implement in learning of class. The background of the research is causes of global warming phenomena
was damage a ecological balance and a human life. This is needs mitigation, one of them through a education. Mitigation in
education sectors is refers to regulation of ministry of education and culture about a implementation science literacy in the class
to equip public a science literacy to face a global warming. Except that, sustainable lifestyles is a effort to overcome the increase
amount of ecological footprint as much a capacity space. This is a fact about a consumption of word is increase and the global
warming is causes by consumption activity who can make damage a environment. So the science literacy and sustainable
lifestyles should be implement since primary school. And for the success of learning, teacher must handle it. In this research take
a teacher to a sampling of research. And the techniques of collect data in this research is test, quessionaire, observation and
interview was analyze with the mix tecchniques therefor quantitative descriptive and qualitative descriptive. and the result of
this research is 77% of teacher have a “global warming†science literacy in the middle scale and 77% of teacher have a good
sustainable lifestyles. To implement a sustainale lifestyles, the teacher use a talk metode and they use a LKS book to guide a
learning


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat literasi sains global warming dan sikap sustainable
lifestyles guru sekolah dasar serta bagaimana implementasinya di dalam pembelajaran. Tujuan tersebut
dilatarbelakangi oleh fenomena global warming yang berdampak pada keseimbangan ekologi dan kehidupan
manusia. Untuk itu perlu adanya mitigasi dalam bidang pendidikan untuk mengedukasi masyarakat. Mitigasi
dalam pendidikan ini merujuk pada kebijakan dari Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan tentang
pemberlakuan literasi sains dalam pembelajaran untuk membekali masyarakat dalam menghadapi global warming
dan dapat menumbuhkan sikap sustainable lifestyles , dimana hal ini perlu dilakukan sebagai upaya mengatasi
ecological footprint yang semakin meningkat melebihi kapasitas ruang yang ada. Karena penyebab global warming
sendiri yaitu aktifitas pemenuhan konsumsi masyarakat yang berlebihan dan dapat merusak alam. Maka dari itu,
hal tersebut harus ditanamkan pada pembelajaran anak sejak usia dini. Pembelajaran pada anak usia dini, guru
memiliki peran yang sangat penting. Maka dari itu sampel dalam penelitian ini adalah guru sekolah dasar. Data
penelitian diolah dengan teknik analisis data deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasilnya 77% guru memiliki
literasi sains “global warming†sedang. kemudian untuk sustainable lifestyles ada sekitar 77% guru pada kategori
baik dan 23% guru pada kategori cukup baik. Untuk implementasinya guru masih menggunakan metode
ceramah dengan buku pegangan LKS.

Article Details

Section
Articles