Aktivitas Belajar Siswa Dalam Model Pembelajaran Discovery Learning Pada Mata Pelajaran Geografi di Ma Al Asror Kota Semarang
Main Article Content
Abstract
This research aims to find out the level of student activity in the Discovery learning model.
The variable in this study is the level of student activity in Discovery learning. This
research is quantitative descriptive research. The results showed that students who had
activities in discovery learning with very high categories there were as many as 14.81%.
Students with high category activities were 18.52%. Students with moderate category
activities were 25.93%. Students with low category activity were 40.74%. The advice given
is that for students who have low activity then must be re-stigmatised in order for the
learning results to be obtained more maximally.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat aktivitas siswa pada model
pembelajaran Discovery learning. Variabel dalam penelitian ini adalah tingkat
aktivitas siswa pada pembelajaran Discovery learning. Penelitian ini merupakan
penelitian deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa
yang memiliki aktivitas dalam pembelajaran discovery learning dengan kategori
sangat tinggi ada sebanyak 14,81%. Siswa yang memiliki aktivitas dengan
kategori tinggi ada sebanyak 18,52%. Siswa yang memiliki aktivitas dengan
kategori sedang ada sebanyak 25,93%. Siswa yang memiliki aktivitas dengan
kategori rendah ada sebanyak 40,74%. Saran yang diberikan yaitu agar siswa
yang memiliki aktivitas rendah maka harus ditigkatkan lagi agar hasil belajar
yang diperoleh lebih maksimal.