PENGEMBANGAN MEDIA CD INTERAKTIF BERBASIS ADOBE FLASH CS3 PADA PEMBELAJARAN GEOGRAFI POKOK BAHASAN ATMOSFER KELAS VII SMP NEGERI 5 BATANG TAHUN AJARAN 2013/2014

Main Article Content

Hufron Hufron

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengembangan dan membuat media CD interktif berbasis Adobe Flash CS3 materi atmosfer, dan (2) mengetahui hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 5 Batang pada materi atmosfer setelah menggunakan media CD Interaktif berbasis Adobe Flash CS3 materi atmosfer. Subjek Penelitian ini adalah kelas VII A SMP Negeri 5 Batang. Metode pengumpulan data dengan teknik angket, tes dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskripsi persentase. Hasil penelitian yaitu: (1) rekapitulasi kelayakan media pembelajaran CD Interaktif sebesar 94,50% dengan kriteriaâ€sangat layakâ€, rekapitulasi kelayakan materi media pembelajaran CD interaktif sebesar 90 % dengan kriteriaâ€sangat layak†dan berdasarkan hasil tanggapan siswa ujicoba diperoleh persentase sebesar 87,9% dengan kriteria "sangat baik" (2) ketuntasan belajar siswa kelas Ujicoba (VII-A) dari hasil evaluasi yang mencapai KKM ≥ 70 sebanyak 26 siswa atau sebesar 86,67%. Dapat disimpulkan bahwa media CD interaktif sangat layak digunakan sebagai pada pembelajaran Geografi di SMP Negeri 5 Batang dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

 

This study aimed to: (1) develop and make of an interactive CD-based media Adobe Flash CS3 atmospheric material, and (2) determine a class VII student learning outcomes SMP Negeri 5 Batang against the atmosphere material after using the Adobe-based Interactive CD media Flash CS3 atmospheric material. The subject of this study was class VII A of SMP Negeri 5 Batang. Data were collected by questionnaire technique, tests and observation. The data analysis technique used is the description of a percentage. The results of the study are: (1) a recapitulation of the feasibility study media Interactive CD by 94.50% with the criteria of "very decent", a recapitulation of the material feasibility study media Interactive CD by 90% with the criteria of "very decent" and based on the responses of students test a percentage of 87.9 % is obtained with the criteria of " very good ", (2) mastery learning of trial class student (VII-A) of the evaluation test results were reached KKM ≥ 70 were 26 students, or by 86.67%. It can be concluded that media interactive CD is very suitable to be used as the learning of Geography in SMP Negeri 5 Batang and can improve student learning outcomes.

Article Details

Section
Articles
Author Biography

Hufron Hufron, Gedung C1 Lantai 2 FIS Unnes Kampus Sekaran, Gunungpati, Semarang, 50229

Program Studi Pendidikan Geografi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Semarang, Indonesia