Perbedaan Hasil Belajar Menggunakan Media Quizlet dengan Powerpoint Pada Materi Pokok Atmosfer Kelas X SMA N 16 Semarang

Main Article Content

Arum Indah Nurrochmah
Andi Irwan Benardi

Abstract

The purpose of this research is to find out the learning outcomes of students using quizlet media, to know the
learning outcomes of students using powerpoint media, and to analyze differences in student learning outcomes
in learning activities using quizlet media with powerpoint media on the subject matter of the atmosphere of class
X SMA N 16. Semarang. The research method used in this research is the experimental method. The population
in this study were students of class X IPS 1 to 3 at SMA N 16 Semarang. Purposive sampling technique was
used to determine the sample. The variables used in this study were learning using quizlet media and student
learning outcomes. The data collection techniques used were test instruments, observation, questionnaires,
interviews, and documentation. The data analysis used is descriptive percentage and t-test because the initial
data requirements meet the normal distribution and homogeneity. The results showed that the average post-test
data value for the experimental class using live quizlet media was 76.81 and the post-test average value for the
control class using powerpoint media was 72.50. So it can be concluded that there are differences in student
learning outcomes after treatment between the experimental class (using quizlet media) and the control class
(using powerpoint media) on the atmosphere subject of SMA N 16 Semarang.


Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui hasil belajar peserta didik menggunakan media
quizlet, mengetahui hasil belajar peserta didik menggunakan media powerpoint, serta untuk
menganalisis perbedaan hasil belajar peserta didik pada kegiatan pembelajaran menggunakan media
quizlet dengan media powerpoint pada materi pokok atmosfer kelas X SMA N 16 Semarang. Metode
penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu metode eksperimen. Populasi pada penelitian
ini adalah siswa kelas X IPS 1 sampai X IPS 3 di SMA N 16 Semarang. Dalam menentukan sampel
digunakan teknik purposive sampling. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu
pembelajaran yang menggunakan media quizlet dan hasil belajar peserta didik. Teknik pengumpulan
data yang dilakukan mengunakan instrumen tes, observasi, kuesioner, wawancara, dan
dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu deskriptif persentase dan uji t-test dikarenakan
persyaratan data awal memenuhI syarat yaitu berdistribusi normal dan homogen. Hasil penelitian
menunjukkan rata-rata nilai data post-test kelas eksperimen menggunakan media quizlet live yaitu
76,81 dan rata-rata post-test kelas kontrol menggunakan media powerpoint yaitu 72,50. Maka dapat
disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik setelah diberikan perlakuan antara
kelas eksperimen (menggunakan media quizlet) dengan kelas kontrol (menggunakan media
powerpoint) pada materi pokok atmosfer SMA N 16 Semarang.

Article Details

Section
Articles