Pengembangan Media Pembelajaran Video Pada Sub Materi Konservasi Flora dan Fauna di Indonesia
Main Article Content
Abstract
Perkembangan teknologi informasi pada saat ini sangat dibutuhkan dalam proses pembelajaran. Bentuk pemanfaatan yang digunakan salah satunya penggunaan media pembelajaran. Pengembangan media pembelajaran Video dilakukan berdasarkan hasil analisis kebutuhan siswa dan guru, dikarenakan masih kurangnya penggunaan media dalam menyampaikan materi Konservasi Flora dan Fauna di Indonesia. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengembangkan media pembelajaran berupa Video pada sub materi Konservasi Flora dan Fauna di Indonesia yang dinyatakan layak. Model penelitian pengembangan yang digunakan ialah ADDIE (Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi, Evaluasi). Data yang digunakan pada penelitian ini ialah data kualitatif dan data kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui wawancara, angket, dan dokumentasi. Analisis data yang dilakukan menggunakan angket yang diisi oleh guru geografi dan siswa, serta lembar validasi yang diisi oleh validator ahli media dan ahli materi. Uji Validasi ahli menyatakan bahwa media Video layak digunakan sebagai media pembelajaran.