ANALISIS KUALITAS LEARNING MANAGEMENT SYSTEM GOOGLE CLASSROOM SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI DI KELAS XI IIS SMAN 1 SUMBER KABUPATEN REMBANG

Main Article Content

Ermina Putri Renggani
Edi Kurniawan
Sriyono ,
Wahid Akhsin

Abstract

Maraknya penggunaan Learning Management System akhir-akhir ini dipicu dengan adanya perubahan kondisi yang terjadi di bidang pendidikan. Hal ini dipengaruhi oleh dampak pandemi COVID-19 serta era revolusi 5.0 yang menuntut peran pendidik dalam memanfaatkan teknologi sebagai pranata pembelajaran. Fenomena ini didukung data BPS Kabupaten Rembang tahun 2019 yang menunjukkan jumlah pengguna handphone dan komputer pada jenjang SMP keatas sebesar 89,99%. SMAN 1 Sumber memperbolehkan siswanya mengakses informasi menggunakan smartphone, tablet dan laptop dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk (1) menganalisis kualitas LMS Google Classroom sebagai media pembelajaran blended learning pada mata pelajaran Geografi di Kelas XI IIS SMAN 1 Sumber Kab. Rembang, (2) mendeskripsikan kendala yang dihadapi siswa Kelas XI IIS SMAN 1 Sumber selama penggunaan LMS Google Classroom sebagai media pembelajaran pada mata pelajaran Geografi. Penelitian ini menggunakan purposive sampling, sampel penelitian ini adalah siswa kelas XI IIS 3 dengan jumlah 30 siswa. Pengumpulan data meggunakan teknik observasi, angket, dokumentasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan kualitas LMS Google Classroom tergolong tinggi dengan skor presentase 70% berdasarkan 6 indikator uji kualitas. Kendala utama yang dihadapi siswa selama penggunaan Google Classroom yaitu faktor keamanan. Saran bagi guru untuk mengembangkan tugas keterampilan tidak hanya kognitif dalam penggunaan Google Classroom.

Article Details

Section
Articles