EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING TERHADAP PEMBELAJARAN MITIGASI BENCANA BANJIR KELAS XI DI SMAN 6 KABUPATEN TANGERANG

Main Article Content

Syafia Qatrunnada
Erni Suharini

Abstract

Bencana merupakan peristiwa atau rangkaian peristiwa yang mengganggu dan mengancam kehidupan masyarakat. Upaya pengurangan risiko wilayah rawan bencana, salah satunya dengan pendidikan kebencanaan yang terintegrasi dengan sektor pendidikan formal yang dapat dikaitkan pada kurikulum mata pelajaran geografi. Akan tetapi pelaksanaan pembelajaran geografi memiliki kendala pada model pembelajaran yang digunakan. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengetahuan siswa sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran, tanggapan siswa terhadap penggunaan model pembelajaran snowball Throwing , faktor pendorong dan penghambat pembelajaran Mitigasi Bencana Banjir, dan analisis keefektifan model pembelajaran Snowball Throwing.. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan metode quasi eksperimen . Sampel penelitian yaitu kelas XI IPS 2 sebagai kelas eksperimen dan XI IPS 1 sebagai kelas kontrol. Analisis hasil data penelitian menggunakan statistik deskriptif, proporsi deskriptif, dan uji t-test . Hasil analisis data yang diperoleh menunjukkan bahwa pengetahuan siswa kelas eksperimen memiliki nilai rata-rata pretest 57,30 kemudian mengalami peningkatan nilai rata-rata post test menjadi 83,40. Sementara pada kelas kontrol memiliki nilai rata-rata pretest 57,60 kemudian mengalami peningkatan nilai rata-rata post testmenjadi 74,30. Nilai kelompok post test diperoleh nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 maka dua kelompok penelitian memiliki perbedaan yang signifikan. Keberhasilan dalam penggunaan model pembelajaran snowball throw berdasarkan respon siswa yang menciptakan respon positif. Sedangkan berdasarkan observasi penilaian unjuk kerja dengan model pembelajaran snowball throw menunjukan perilaku aktif saat proses pembelajaran. Oleh karena itu, dapat diartikan bahwa model pembelajaran snowball throw lebih efektif daripada model pembelajaran jigsaw terhadap pembelajaran penanggulangan bencana banjir.

Article Details

Section
Articles