PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS OUTDOOR STUDY TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN GEOGRAFI
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan tujuan mengetahui bagaimana pengaruh penggunaan model Problem Based Learning Berbasis Outdoor Study terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran geografi meteri dinamika penduduk. Penelitian di lakukan di SMA Negeri 1 Patimuan dan sampel yang digunakan pada penelitian ini yaitu kelas XI IPS 1 dan XI IPS 2 dengan jumlah 49 siswa dimana kelas XI IPS 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPS 2 sebagai kelas kontrol. Instrumen pada penelitian ini menggunakan pretest dan posttest dengan jumlah 50 soal pilihan ganda. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji normalitas, homogenitas dan uji t untuk menjawab hipotesis penelitian. Hasil penelitian menunjukan terdapat pengaruh pemggunaan model problem based learning berbasis outdoor study terhadap hasil belajar siswa kelas eksperimen 19,6% dan kelas kontrol 9,1 %. Dengan masing masing rata rata nilai kelas eksperimen yaitu 71,6 dan kelas kontrol 61,1 serta nilai signifikansi sebesar 0,002 atau r hitung 1,795 ≥ 1,688. Artinya terdapat pengaruh penggunaan model problem based learning berbasis outdoor study terhadap hasil belajar siswa