Efektivitas penggunaan physic educatio technology (PhET) terhadap kemampuan kognitif siswa pada materi lempeng tektonik

Main Article Content

Nona Chalista Aurora
Muh Sholeh

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mengetahui efektivitas penggunaan Physic Education Technology (PhET) simulation terhadap kemampuan kognitif siswa pada materi lempeng tektonik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pre-experimental design. Desain penelitian yang digunakan yaitu one grup pretest posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas x semester 2 SMA N 3 Klaten tahun pelajaran 2023/2024. Sampel pada penelitian ini ditentukan dengan cara random sampling. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu soal tes, lembar observasi pelaksanaan pembelajaran, dan angket respon siswa. Analisis data penelitian ini menggunakan analisis statistik deskriptif dan uji hipotesis. hasil analisis mengenai kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran diperoleh skor rata-rata 3,56.efektivitas PhET pretest postest menunjukan bahwa nilai rata-rata N-Gain Score sebesar 0,5782 termasuk dalam kategori sedang. Sedangkan nilai rata-rata N-Gain dalam persen(%)  sebesar 57,82% termasuk dalam kategori cukup efektiv, ketuntasan klasikal siswa setelah dilaksanakan pembelajaran menggunakan PhET mendapatkan rata-rata 75%, dan respon siswa sebesar 82,187%. serta nilai rata-rata kemampuan kognitif siswa meningkat dilihat dari nilai pretest posttest.Oleh karena itu,dapat disimpulkan bahwa penggunaan Physic Education Technology (PhET) efektif dalam meningkatkan kemampuan kognitif siswa.

Article Details

Section
Articles