Hubungan Antara Pendidikan Dengan Tingkat Pengetahuan Pengelolaan Sampah Pada Masyarakat Di Kelurahan Jatiluhur, Kecamatan Jatiasih, Kota Bekasi

Main Article Content

Bunga Fakhira Supriatna Putri

Abstract

Bunga Fakhira Supriatna Putri. 4315161263. Hubungan Antara Pendidikan Dengan Tingkat Pengetahuan Pengelolaan Sampah Pada Masyarakat Di Kelurahan Jatiluhur, Kecamatan Jatiasih, Kota Bekasi. Skripsi. Jakarta: Program Studi Pendidikan Geografi, Fakultas Ilmu Sosial, universitas Negeri Jakarta, 2023.


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara pendidikan dengan tingkat pengetahuan pengelolaan sampah pada masyarakat di Keluharan Jatiluhur, Kecamatan Jatiasih, Kota Bekasi. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Mei 2023-Juli 2023. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif dengan. Populasi dalam penelitian ini adalah warga Kelurahan Jatiluhur yaitu sebanyak 32.788 jiwa. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini dilakukan dengan metode Propotional Random Sampling yaitu sebanyak 100 sampel. Teknik yang digunakan dalam menganalisis data adalah analisis statistik deskriptif dengan teknik analisis Crosstab dan Uji Chi-Square. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas masyarakat berpendidikan terakhir pada jenjang SMA/Sederajat dengan persentase 47%. Tingkat pengetahuan masyarakat Kelurahan Jatiluhur berada pada tingkat sedang dengan persentase 74% berada pada kriteria 56%-75%. Pengetahuan C1 dan C2 berada pada kategori tinggi namun pengetahuan C3 berada pada kategori sedang dikarenakan masih banyak masyarakat yang tidak menyediakan wadah terpisah untuk sampah organik dan non-organik dan juga banyak yang masih membakar sampah. Selanjutnya berdasarkan hasil dan pembahasan penelitian yang telah disusun oleh peneliti, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara variabel (X) tingkat pendidikan dengan variabel (Y) pengetahuan pengelolaan sampah yang dapat diketahui dari hasil uji Chi-square dengan nilai signifikansi yang diperoleh sebesar 0,022 < 0,05 sehingga terdapat hubungan antara tingkat pendidikan dengan pengetahuan pengelolaan sampah pada masyarakat Kelurahan Jatiluhur, Kecamatan Jatiasih, Kota Bekasi.


Kata Kunci: Tingkat Pendidikan, Pengetahuan Pengelolaan Sampah

Article Details

Section
Articles