Peran Serta Ibu Rumah Tangga Dalam Pengelolaan Sampah Di Lingkungan RW 2 Kelurahan Tambakharjo Kota Semarang

Main Article Content

Dika Ayu Safitri
Hariyanto Hariyanto

Abstract

Permasalahan sampah seolah menjadi persoalan yang tidak kunjung selesai. Rendahnya kepedulian masyarakat terhadap lingkungan, kurangnya pengetahuan masyarakat terhadap pengelolaan sampah dan tidak adanya pengelolaan sampah yang tidak seimbang dengan pertambahan jumlah penduduk, serta lemahnya peraturan yang mengatur tentang permasalahan sampah menjadi faktor utama penyebab produksi sampah semakin meningkat. Tujuan penelitian ini adalah mengukur tingkat kepedulian lingkungan ibu rumah tangga, mendeskripsikan peran serta ibu rumah tangga dalam pengelolaan sampah, mengetahui hubungan antara kepedulian lingkungan dengan peran serta ibu rumah tangga dalam pengelolaan sampah serta mendeskripsikan faktor penghambat dan pendukung ibu rumah tangga dalam pengelolaan sampah rumah tangga.


Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, Secara spesifik, penelitian ini merupakan penelitian korelasional. Populasi penelitian ini sebanyak 223 ibu rumah tangga di Rw 2 Kelurahan Tambakharjo. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara Proportional Random Sampling, sampel sebanyak 33 ibu rumah tangga di Kelurahan tambakharjo. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data yaitu observasi, kuesioner, wawancara, tes.


Hasil pembahasan tersebut yaitu dalam penelitian ini persentase tingkat kepedulian lingkungan ibu rumah tangga terbanyak adalah 60,6% dengan tingkatan sedang, Hubungan Antara Kepedulian Lingkungan Dengan Peran Serta Ibu Rumah Tangga di Lingkungan Rw 2 Kelurahan Tambakharjo diperoleh nilai korelasi sebesar 0,315 menunjukan bahwa tidak terdapat hubungan yang cukup kuat antara kepedulian lingkungan dengan peran serta ibu rumah tangga dalam pengelolaan sampah di lingkungan Rw 2. Adapun faktor pendorong peran serta ibu rumah tangga adalah keuntungan yang diberikan dari pengelolaan sampah.Faktor yang menghambat peran serta ibu rumah tangga adalah faktor cuaca dan pengetahuan ibu rumah tangga dalam pengelolaan sampah.


Kesimpulan dari penelitian ini adalah tingkat kepedulian ibu rumah tangga dalam pengelolaan sampah tergolong dalam kategori rendah, peran serta ibu rumah tangga dalam pengelolaan sampah di lingkungan Rw 2 tergolong dalam kategori rendah, tidak adanya hubungan antara kepedulian lingkungan dengan peran serta ibu rumah tangga dalam pengelolaan sampah, dan terdapat faktor pendukung peran serta ibu rumah tangga dalam pengelolaan sampah yaitu adanya keuntungan yang diberikan dari pengelolaan sampah baik secara mandiri maupun kelompok. Sedangkan faktor penghambat peran serta ibu rumah tangga dalam pengelolaan sampah adalah faktor cuaca dan pengetahuan ibu rumah tangga dalam pengelolaan sampah.

Article Details

Section
Articles