IMPLEMENTASI METODE MIND MAPPING DAN METODE RESITASI DALAM PELAJARAN IPS MATERI PERSEBARAN FLORA DAN FAUNA DI INDONESIA KELAS VII SMP IP ASSALAMAH UNGARAN KABUPATEN SEMARANG

Main Article Content

Muhamad Lukman Hidayat

Abstract

SMP IP Assalamah Ungaran salah satu SMP swasta di Kabupaten Semarang namun KBM dikelas menggunakan metode resitasi. Tujuan dari penelitian ini mengetahui KBM metode pembelajaran Mind Mapping dengan metode resitasi dan mengetahui perbedaan hasil belajar menggunakan metode pembelajaran Mind Mapping dengan metode resitasi. Subyek penelitian adalah siswa kelasVII SMP IP Assalamah Ungaran, kelas VII Al Mustofa (kelas eksperimen) menggunakan metode Mind Mapping dan kelas VII AL Hadi (kelas kontrol) menggunakan metode resitasi. Jenis desain penelitian ini adalah quasy eksperimental design. Metode pengumpulan data yaitu metode dokumentasi, dan tes. Hasil penelitian menunjukan rata-rata nilai hasil belajar kelas eksperimen yaitu 78,83 dan rata-rata nilai hasil belajar kelas kontrol yaitu 72,20, hasil perhitungan t-test dengan taraf signifikansi 5% dan dk (58) diperoleh nilai  thitung (4,15) > ttabel (2,00), sehingga hipotesis alternatif “diterimaâ€. Oleh karena itu dapat disimpulkan metode Mind Mapping lebih baik dibandingkan dengan menggunakan metode resitasi.

Article Details

Section
Articles

References

Anni. 2007. Cara Meningkatkan Hasil Belajar. Jakarta: Erlangga.
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta
Buzan, Tony. 2011. Pintar Mind Map. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Djamarah, Syaiful Bahri. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta
Slameto. 2010 .Belajar dan Faktor – Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta