PENERAPAN METODE OUTDOOR STUDY PADA PEMBELAJARAN GEOGRAFI KELAS X IPS MA AL BIDAYAH KECAMATAN BANDUNGAN KABUPATEN SEMARANG TAHUN 2014/2015

Main Article Content

Suparjo Rustam
Apik Budi Santoso

Abstract

Hampir semua ahli telah mencoba merumuskan dan membuat tafsiran tentang “belajarâ€. Seringkali pula perumusan dan tafsiran itu berbeda satu sama lain. Belajar merupakan suatu proses, suatu kegiatan dan bukan suatu hasil atau tujuan. Belajar bukan hanya mengingat, akan tetapi lebih luas daripada itu, yakni mengalami. Hasil belajar bukan suatu penguasaan hasil latihan, melainkan perubahan kelakuan. Tafsiran lain menyebutkan belajar adalah sebuah proses perubahan tingkah laku individu melalui interaksi dengan lingkungan. Pelaksanaan kegiatan penerapan metode outdoor study untuk pembelajaran Geografi kelas X IPS MA Al Bidayah Bandungan Kabupaten Semarang memberikan dampak yang signifikan terhadap minat dan hasil belajar peserta didik. Hasil belajar peserta didik terdapat perbedaan sebelum dan setelah diberikan pembelajaran dengan metode outdoor study dimana hasil belajar peserta didik telah diberikan pembelajaran dengan metode outdoor study lebih baik dibandingkan dengan hasil belajar peserta didik sebelum diberikan model pembelajaran outdoor study, dari nilai rata-rata semula hanya 62,7 menjadi 76,6 Artinya peserta didik menjadi lebih paham mengenai pelajaran Geografi.

Article Details

Section
Articles

References

Anita Fiskum, Tove & Karl Jacobsen. 2012. ‘Outdoor education gives fewer demands for action regulation and an increased variability of affordances’. Dalam Journal of Adventure Education & Outdoor Learning. No 1
Ardiansyah. 2007. Macam Macam Metode Pembelajaran. Online pada http://ardiansyah-review.blogspot.com/2007/12/macam-macamt-metode-pembelajaran-.html (diunduh tanggal 21 September 2014)
Arikunto, Suharsimi. 2003. Manajemen Penelitian. Jakarta : PT Rineka Cipta. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Hamalik, Oemar. 2009. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Sudjana. 2002. Metoda Statistika. Bandung: Tarsito Bandung.
Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta Bandung.
Sumaatmadja, Nursid. 1997. Metodologi Pengajaran Geografi. Jakarta: Bumi Aksara
http://jurnal-online.um.ac.id/article/do/detail-article/1/41/1881
http://www.academia.edu/8570828/pengaruh_metode_outdoorlearning_terhadap_hasil_belajar
http://www.scientific-publications.net/get/1000001/1401629757706253.pdf