Pengembangan E-Modul Berbasis Kebudayaan Pandalungan Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Pada Pembelajaran Geografi di SMA

Main Article Content

Ana Wahyu Lestari
Sri Astutik
Bejo Apriyanto

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengkaji kevalidan pengembangan e-modul berbasis
kebudayaan pandalungan terhadap kemampuan berpikir kreatif pada pembelajaran geografi
di SMA, dan (2) mengkaji respon siswa terhadap pengembangan e-modul berbasis
kebudayaan pandalungan terhadap kemampuan berpikir kreatif pada pembelajaran geografi
di SMA. Pengelitian pengembangan ini mengacu pada model pengembangan ADDIE.
Tahap-tahap pengembangan meliputi tahap analyze (analisis), design (desain), development
(pengembangan), implementation (implementasi), dan evaluation (evaluasi). Sampel uji coba
lapangan sebanyak 33 orang siswa kelas XI IPS 2 SMA Negeri 4 Jember. pengumpulan data
menggunakan lembar validasi, angket respon, dan tes kemampuan berpikir kreatif. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa e-modul berbasis kebudayaan pandalungan terhadap
kemampuan berpikir kreatif pada pembelajaran geografi di SMA menurut ahli materi, ahli
media, dan ahli bahasa dinyatakan sangat valid dengan nilai rata-rata 90.91%. Penerapan
dan penggunaan e-modul mendapat respon baik dengan nilai persentase sebesar 74.55%.
Kemampuan berpikir kreatif siswa dikategorikan baik dengan nilai persentase sebesar
78.64%.

Article Details

Section
Articles