Pengembangan media Pembelajaran berbasis Vlognow dan Wordwall Mata Pelajaran Geografi materi Mitigasi Bencana Kelas XI SMA Negeri 1 Kota Gorontalo

Main Article Content

Astuti Kurune
Daud Yusuf
Rusiyah Rusiyah

Abstract

Penelitian ini bertujuan menghasilkan media pembelajaran berbasis VlogNow dan Wordwall pada materi mitigasi bencana. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan dengan model ADDIE sebagai pendekatan dalam menyusun media pembelajaran. Dalam penelitian ini terdapat 5 (lima) tahapan yaitu tahap analysis, tahap design, tahap development, tahap implementation, dan tahap evaluation. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pengembangan menggunakan VlogNow dan Wordwall telah melewati uji coba validitas oleh ahli materi yang mendapatkan presentase 87.5%, validator selanjutnya adalah validator ahli produk yang mendapatkan presentase nilai sebesar 82.5% yang terakhir validator selanjutnya ahli pembelajaran yang mendapatkan presentase nilai sebesar 90.55%. Hasil respon siswa terhadap media pembelajaran menggunakan VlogNow dan Wordwall materi mitigasi bencana alam yaitu dengan menggunakan uji general mendapatkan hasil 88.6%. Sehingga media pembelajaran menggunakan VlogNow dan Wordwall dapat digunakan dalam proses pembelajaran di kelas teerkait dengan materi Mitigasi Bencana Alam. Simpulan penelitian ini adalah media pembelajaran dinyatakan layak digunakan dalam proses pembelajaran.


The aim of this research was to create learning media based on VlogNow and Wordwall for disaster mitigation topics. The research used the development research method with the ADDIE model as the approach for designing learning media. The research consisted of 5 stages: analysis, design, development, implementation, and evaluation. The results of this research can be summarized as follows: the development using VlogNow and Wordwall has undergone validation by subject matter experts, achieving a percentage of 87.5%. The next validation was conducted by product experts, with a percentage of 82.5%. Finally, validation by learning experts resulted in a percentage of 90.55%. Student responses to the learning media using VlogNow and Wordwall for disaster mitigation topics, as measured by a general test, yielded a result of 88.6%. In conclusion, this research found that the learning media developed using VlogNow and Wordwall is suitable for use in the classroom for teaching disaster mitigation topics.

Article Details

Section
Articles