Pengembangan Media TikTok Pada Mata Pelajaran Geografi Pada Materi Dinamika Litosfer Dan Dampaknya Terhadap Kehidupan Di Kelas X SMA Negeri 1 Gorontalo

Main Article Content

Ridha Pilori
Sri Maryati
Daud Yusuf

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Pengembangan Media berbasis Aplikasi TikTok pada Materi Dinamika Litosfer dan Dampaknya Terhadap Kehidupan . Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian pengembangan dengan model ADDIE sebagai pendekatan dalam menyusun media pembelajaran tersebut. Hasil Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pengembangan media berbasis aplikasi TikTok telah melewati uji coba validitas oleh ahli materi yang mendapatkan presentase nilai sebesar 87.5%, validator selanjutnya adalah validator ahli produk yang mendapatkan persentase nilai sebesar 87.5%  dan yang terakhir oleh validator ahli pembelajaran yang mendapatkan persentase sebesar 87.5% yang berarti digolongkan dalam media sangat baik. Simpulan penelitian ini adalah media TikTok yang dikembangkan oleh peneliti dinyatakan layak digunakan dalam proses pembelajaran baik secara offline maupun online.


This study aims to determine the development of Tik Tok media on the learning material of lithosphere dynamics and its impact on ide. This study apples the method of a type of development research with ADDE model as an approach in compiling learning media. The results of this study can be concluded that the development of Tik Tok media has passed the validity trials by material experts with a percentage score of 87.5% Furthermore, the next validator is the product experts with a percentage score of 87.5% and lastly the learning expert validator with a percentage of 87.5% These indicate that the Tik Tok media is classified as very good media. In conclusion, the Tik Tok media developed by the researcher es determined as suitable for use in the learning process of both offline and online.

Article Details

Section
Articles