Efektivitas Aplikasi Aksi-Membaca Digital Terhadap Tingkat Literasi Dan Numerasi Mitigasi Bencana Banjir

Main Article Content

Muhammad Yusron Haqiqi
Juhadi ,

Abstract

Aplikasi AKSI-Membaca Digital adalah sebuah platform membaca digital berbasis web yang diperkaya dengan wacana lokal dan wacana adaptasi internasional dari studi PIRLS (Progress in International Reading Literacy Study) yang bertujuan untuk meningkatkan literasi dan numerasi peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas aplikasi AKSI-Membaca Digital terhadap tingkat literasi dan numerasi mitigasi bencana banjir. Hal tersebut dilatar belakangi oleh tingginya angka terjadinya bencana banjir di Indonesia yang merujuk pada data BNPB pada tahun 2021 terdapat setidaknya 1938 kejadian bencana banjir di Indonesia. Demi terwujudnya masyarakat yang sadar bencana, penguatan literasi mitigasi bencana perlu ditingkatkan sejak dini melalui pendidikan di sekolah. Variabel efektivitas dalam penelitian ini meliputi (1) tingkat aktivitas siswa, (2) respon siswa terhadap aplikasi, dan (3) hasil belajar siswa. Hasil dari penelitian ini adalah 19% siswa sangat aktif, 58% siswa aktif, 23% siswa cukup dan 0% siswa tidak aktif. Kemudian pada hasil respon adalah 21% siswa memberi respon sangat baik, 68% siswa memberi respon baik, 11% siswa memberi respon kurang baik dan 0% siswa memberi respon sangat kurang baik. Sedangkan pada uji N gain tes literasi mendapatkan skor 0,4484 yang termasuk dalam klasifikasi sedang dan kurang efektif dan nilai N gain tes numerasi mendapatkan skor 0,2792 yang termasuk dalam klasifikasi rendah dan tidak efektif

Article Details

Section
Articles