STUDI KESIAPAN GURU GEOGRAFI DALAM IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN GEOGRAFI BERBASIS KURIKULUM 2013 PADA SMA DI KOTA PONTIANAK TAHUN 2015

Main Article Content

Arasta Imanuel Mangunsong

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesiapan guru geografi pada SMA di Kota Pontianak dalam mengimplementasikan Kurikulum 2013 yang terkait dengan perencanaan pembelajaran (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran/RPP), pelaksanaan pembelajaran (KBM), dan penilaian pembelajaran (penilaian autentik) pada tahun 2015. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam  peneitian  ini adalah  observasi dan dokumentasi. Populasi penelitian berjumlah 14 orang yang terdiri dari seluruh guru geografi yang terdapat dalam sekolah yang menggunakan Kurikulum 2013. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah metode Total Sampling, yaitu seluruh popolasi menjadi sampel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kesiapan  perencanaan pembelajaran (RPP) guru geografi di Kota Pontianak sebesar 51% dengan kategori kurang siap, tingkat kesiapan pelaksanaan pembelajaran  guru geografi di Kota Pontianak sebesar 64% dangan kategori  siap, dan  tingkat kesiapan penilaian pembelajaran  guru geografi di Kota Pontianak sebesar 45% dengan kategori kurang siap. Secara keseluruhan kesiapan guru geografi dalam  mengimplementasikan Kurikulum 2013 pada SMA di Kota Pontianak tahun 2015 sebesar 53 % dengan kategori kurang siap.

The objectives of this study are to find out the readiness of geography teachers at high school in Pontianak City in implementing the 2013 Curriculum related to the planning of learning (Lesson Plan/RPP), the implementation of learning activities (KBM), and assessment of learning (authentic assessment) in 2015. The data collection methode used in this study are observation and documentation. The total amount of population are 14 people which consist of geography teachers at schools using 2013 Curriculum. The sampling methode used was total sampling methode, which is teacher population becomes sample. The results showed that the readiness of the lesson plan (RPP) level for geography teacher in Pontianak City is 51% to the category of poorly prepared, the readiness of the implementation of learning activities level for geography teacher in Pontianak City is 64% to the category of ready, and the readiness of learning assessment level for geography teacher in Pontianak City is 45% to the category of poorly prepared. In overall, geography teacher readiness for implementing the 2013 curriculum at the high school in Pontianak City in 2015 is 53% to the category of poorly prepared.

Article Details

Section
Articles
Author Biography

Arasta Imanuel Mangunsong, Gedung C1 Lantai 2 FIS Unnes Kampus Sekaran, Gunungpati, Semarang, 50229

Program Studi Pendidikan Geografi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Semarang, Indonesia

References

Alawiyah. 2014.” Kesiapan Guru DalamImplementasi Kurikulum 2013”, Kajian Singkat Isu-Isu Terhadap Terkini, 4:10-11

Mulyasa, E.2013. Pegembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Remaja Rosdakarya Offset.

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. 2014. Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 103 Tahun 2014 Tentang Pembelajaran Pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. 2014. Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 104 Tahun 2014 tentang Penilaian Hasil Belajar Oleh Pendidik Pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan
KebudayaanTarigan, Henry Guntur. 1994. Menyimak sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa