Pengembangan Aplikasi Tes Listening Di SMA Takhassus Al Qur’an Demak

pengembangan aplikasi tes listening

  • Alfian Budiarso ptik
  • Hari Wibawanto Universitas Negeri Semarang

Abstract

Keterampilan listening akan sangat berpengaruh terhadap keterampilan bahasa Inggris yang lain yaitu speaking (berbicara). Apabila siswa terbiasa dengan benar mendengarkan ujaran-ujaran bahasa Inggris maka siswa akan secara benar mengucapkannya. Oleh karena itu sistem pengembangan aplikasi tes listening, dapat digunakan sebagai media belajar siswa untuk meningkatkan kemampuan bahasa inggris dan sebagai salah satu cara dalam mengevaluasi hasil belajar siswa dengan melihat nilai siswa dengan mengikuti tes listening secara online. Pembuatan aplikasi menggunakan metode waterfall dan pengujian sistem dilakukan dengan pengujian blackbox, yaitu pengujian yang dilakukan untuk mengetahui fungsionalitas dari sistem berjalan dengan baik. Uji kelayakan dilakukan menggunakan kuesioner yang berisi pertanyaan terhadap pengguna terkait dengan. Hasil dari tanggapan pengguna menggunakan kuesioner. Dengan mengambil sampel sebanyak 10 siswa dan 3 guru yang berperan sebagai pengguna sistem pengembangan aplikasi tes listening. Penilaian siswa dengan persentase 63.88% baik sedangkan guru 93.10% baik. Dari hasil kuesioner dapat diambil kesimpulan bahwa sistem pengembangan aplikasi tes listening layak untuk melatih kemampuan listening siswa di Sma Takhassus Al Qur’an Demak.

Abstract

Listening skills will greatly affect the other English skills of speaking (speaking). If the student is accustomed to properly listening to English utterances then the student will correctly pronounce them. Therefore, the listening listening application development system can be used as a learning media for students to improve their English skills and as a way to evaluate students 'learning outcomes by looking at the students' score by taking online listening test. Making the application using waterfall method and system testing is done by blackbox testing, that is testing done to know the functionality of the system goes well. The feasibility test is performed using a questionnaire containing questions about the users associated with. Results from user responses using questionnaires. By taking a sample of 10 students and 3 teachers who act as users of application development system listening test. Assessment of students with a percentage of 63.88% both while teachers 93.10% good. From the results of the questionnaire can be concluded that the application development system for listening test is feasible to train students listening skills in the Takhassus Sma Al Qur'an Demak

Published
2018-03-23
How to Cite
Budiarso, A., & Wibawanto, H. (2018). Pengembangan Aplikasi Tes Listening Di SMA Takhassus Al Qur’an Demak. Edu Komputika Journal, 4(2), 13. https://doi.org/10.15294/edukomputika.v4i2.16845