Aplikasi Marketplace Jasa Reparasi Barang Elektronik Berbasis Android
Abstract
Pesatnya perkembangan di dunia teknologi informasi memberikan dampak terhadap cara berbisnis. Saat ini, banyak orang lebih menyukai berbelanja secara online dibandingkan harus datang secara fisik ke toko. Aplikasi marketplace berbasis android menjadi pasar digital dengan jumlah transaksi yang sangat besar setiap harinya. Namun kebanyakan aplikasi marketplace yang ada saat ini masih terbatas pada produk berupa barang. Padahal jika dilihat lebih dalam lagi, kebutuhan akan produk jasa seperti jasa reparasi barang elektronik juga memiliki porsi yang cukup tinggi. Beberapa penyedia jasa telah membuat aplikasi sendiri yang membuat para calon pengguna jasa harus memasang banyak aplikasi jika ingin menggunakan jasa dari penyedia jasa yang beragam. Oleh sebab itu pada penelitian kali ini akan dibahas pembuatan marketplace di bidang jasa berbasis android dengan nama ServiceIn. Aplikasi marketplace yang dibuat berfokus pada jasa reparasi elektronik sebagai salah satu jasa yang paling banyak dicari semua orang. Evaluasi menggunakan kuesioner juga dilakukan pada peneltian ini setelah tahapan pembuatan aplikasi selesai. Evaluasi bertujuan untuk melihat tanggapan calon pengguna aplikasi terhadap kemudahan yang ditawarkan aplikasi. Berdasarkan hasil evaluasi, 56% jawaban “sangat setujuâ€, dan 38% jawaban “setuju†membuktikan bahwa aplikasi yang dibuat mampu membantu seseorang untuk memenuhi kebutuhan akan jasa reparasi barang elektronik dengan cara yang lebih mudah.
References
Andrean, M., Saputra, E., & Sugiarso, T. (2017, Desember). Perancangan dan Implementasi Sistem Informasi E-Marketplace Untuk Katering. Jurnal Teknologi Informasi (Vol. 5, No. 2, p. 294303). Universitas Respati Indonesia.
Fauzi, R., Wibowo, S., & Putri, D. Y. (2018, Mei). Perancangan Aplikasi Marketplace Jasa Percetakan Berbasis Website. Fountain of Informatics Journal (Vol. 3, No. 1, p. 005011). Universitas Darussalam Gontor.
Hutauruk, B. D., Naibaho, J. F., & Rumahorbo, B. (2017, Maret). Analisis dan Perancangan Aplikasi Marketplace Cinderamata Khas Batak Berbasis Android. Jurnal METHODIKA (Vol. 3, No. 1, p. 242246). Fakultas Ilmu Komputer Universitas Methodist Indonesia.
Kasma, U. (2018, Juli). Implementasi E-Commerce Untuk Meningkatkan Omset Penjualan pada 3Dz Collection. Prosiding Seminar Nasional Sistem Informasi dan Teknologi Informasi (SENSITEK 2018). STMIK Pontianak.
Kusuma, A. P., & Prasetya, K. A. (2017, Mei). Penggunaan E-Commerce Perancangan dan Implementasi E-Commerce untuk Penjualan Baju Online Berbasis Android. Jurnal Antivirus (Vol. 11, No. 1, p. 001011). Universitas Islam Balitar.
Mahendra, A. Y., Brata, A. H., & Brata, K. C. (2018, November). Pengembangan Aplikasi Katalog dan Pemesanan Produk Kebutuhan Dapur Berbasis Android menggunakan Metode Mobile-D. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer (Vol. 2, No. 11, p. 48184825). Universitas Brawijaya.
Prastomo, A. (2014). Sistem Informasi Pelayanan Jasa Perbaikan Peralatan Elektronik Cv Sumber Teknik Cool. Faktor Exacta (Vol. 7, No. 4, p. 305316). Universitas Indraprasta PGRI.
Pressman, R. S. (2010). Software Engineering : a practitioner’s approach, McGraw-Hill, New York.
Rahmidani, R. (2015, Oktober). Penggunaan E-Commerce Dalam Bisnis Sebagai Sumber Keunggulan Bersaing Perusahaan. Prosiding Seminar Nasional Ekonomi Manajemen Dan Akuntansi (Snema) 2 (SNEMA 2 FE UNP 2015). STMIK Pontianak.
Setiawan, E., Syaripudin, U., & Gerhana, Y. A. (2016, Juni). Implementasi Teknologi Augmented Reality pada Buku Panduan Wudhu Berbasis Mobile Android. JOIN (Vol. 1, No. 1, p. 028033). Department of Informatics UIN Sunan Gunung Djati Bandung.