Analisis Software Product Quality ISO/IEC 25010 pada Pengembangan Tes Bakat Menggunakan Sistem Computer-Based Test (CBT)

  • Riska Dami Ristanto Universitas Negeri Semarang
  • Kurniawati Kurniawati Universitas IVET
  • Arif Dwinanto Universitas Negeri Gorontalo
  • Nawassyarif Nawassyarif Universitas Teknologi Sumbawa
Keywords: Computer-Based Test (CBT), Software Product Quality ISO/IEC 25010, Tes Bakat

Abstract

Computer-Based Test (CBT) merupakan solusi untuk sistem evaluasi tes bakat dalam dunia pendidikan yang mebutuhan efektifitas dan efisiensi. Berbagai pendekatan pengembangan sistem dilakukan untuk menghasilkan software yang berkualitas. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengembangkan software tes bakat menggunakann sistem Computer-Based Test (CBT); dan (2) Melakukan analisis software yang dikembangkan berdasarkan Software Product Quality ISO/IEC 25010. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (R&D). Subjek uji coba dalam penelitian ini dilaksanakan pada tiga Sekolah Menengah Atas (SMA) di Jepara dengan jumlah sampel sebanyak 63 responden. Hasil dari penelitian ini adalah: (1) Keberhasilan software tes bakat yang dikembangkan dengan model sistem Computer-Based Test (CBT) menggunakan framework Laravel 5.2 dan diterapkan menggunakan open mode. (2) Hasil analisis menunjukkan bahwa software yang dikembangkan sudah sesuai dengan Software Product Quality ISO/IEC 25010 dilihat dari aspek: (a) Functional suitability yang berjalan 100% dengan nilai X=1; (b) Performance efficiency dengan kecepatan loading sebesar 3,3 detik dengan PageSpeed 98% (Grade A) dan YSlow 83% (Grade B); (c) Usability dengan presentase rata-rata 82,46%; (d) Reliability dengan code coverage 67,86%; (e) Security pada level 1 (low); (f) Maintainability dengan code duplication 0,21%;  dan (g) Portability yang mampu berjalan tanpa error dari berbagai web browser desktop maupun mobile.

References

ABKIN. (2013). Panduan Khusus Bimbingan dan Konseling: Pelayanan Arah Peminatan Peserta Didik. Jakarta.

Acharya, A. & Sinha, D. (2013). Assessing the Quality of M-Learning Systems using ISO/IEC 25010. International Journal of Advanced Computer Research.

Acunetix. (2017). Acunetix User Manual Book. Retrieved from https://www.acunetix. com/resources/wvsmanual.pdf

Barrett, J. (2009). Aptitude, Personality and Motivation Tests_ Analyse Your Talents and Personality and Plan Your Career (Testing Series). London: Kogan Page

Bartram, D. & Hambleton, R. K. (2001). Computer-Based Testing and the Internet. University of Massachusetts at Amherst, USA.

Borg, W.R. & Gall M.D. (2003). Education Research and Introduction. New York: Longman Inc.

BSI Standart Publication. (2011). Systems and software engineering-Systems and software Quality Requirements and Evaluation (SQuaRE)-System and software quality models ISO/IEC 25010. Switzerland.

Chen, H. (2014). A Proposal on the Validation Model of Equivalence between PBLT and CBLT. Journal of Education and Learning; Vol. 3: Page 17 – 25, ISSN 1927-5250

Fagbola T. M., Adigun A. A., Oke A. O. (2013). Computer-Based Test (CBT) System for University Academic Enterprise Examination. International Journal of Scientific & Technology Research Volume 2: Page 336-342, ISSN 2277-8616

Istiqomah, E. (2010). Minat dan Bakat. Psychology Management Consultant (PMC). Banjarmasin: LPM Universitas Lambung Mangkurat.

Leeson, H. V. (2006). The Mode Effect: A Literature Review of Human and Technological Issues in Computerized Testing. International Journal of Testing: Page 1 – 24

Lucy, B. (2010). Mendidik Sesuai Minat dan Bakat Anak (Painting Your Children's future). Jakarta: PT. Tangga Pustaka.

Monirosadat, H., Mohamad, J. Z., & Abidin, M. B. (2014). Comparability of Test Results of Computer Based Tests (CBT) and Paper and Pencil Tests (PPT) among English Language Learners in Iran. Procedia - Social and Behavioral Sciences 98 (2014): Page 659 – 667

Parker, E. L. (2008). Factors that contribute to a successful secondary vocational education program in the state of Mississippi. ProQuest Education Journal.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2013). Permendikbud Nomor 69 Tentang Kurikulum SMA-MA. Jakarta: Permendikbud RI

Pressman, R. S. (2010). Software Engineering: a practitioner’s approach, seventh edition. New York: McGraw-Hill.

Pressman, R. S. (2012). Rekayasa Perangkat Lunak – Buku Satu: Pendekatan Praktisi (7th ed). Yogyakarta: Andi.

Retnawati, H. (2015). The Comparison of Accuracy Scores on the Paper and Pencil Testing vs. Computer Based Testing. TOJET: The Turkish Online Journal of Educational Technology Volume 14: Page 135 – 142

Rosa, A., & Shalahuddin, M. (2016). Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorien-tasi Objek. Bandung: Informatika.

Schach, S. R. (2008). Object-Oriented Software Engineering. New York: McGraw Hill.

Sugiyono. (2011). Statistika untuk Penelitian. Bandung: CV Alfabeta.

Suttan, S., & Hariwijaya, M. (2012). Tes Bakat dan Kepribadian. Yogyakarta: PT. Citra Aji Parama.

Published
2020-12-30
How to Cite
Ristanto, R., Kurniawati, K., Dwinanto, A., & Nawassyarif, N. (2020). Analisis Software Product Quality ISO/IEC 25010 pada Pengembangan Tes Bakat Menggunakan Sistem Computer-Based Test (CBT). Edu Komputika Journal, 7(2), 49-60. https://doi.org/10.15294/edukomputika.v7i2.42546