Perancangan User Experience Sistem PKL Berbasis Website Menerapkan Context Awareness dan Metode Design Thinking di SMKN 2 Malang

  • Retno Indah Rokhmawati Universitas Brawijaya
  • Andre Widiyanto Universitas Brawijaya
  • Aditya Rachmadi Universitas Brawijaya
Keywords: Design Thinking, PKL, Single Ease Question (SEQ), Usability Testing, User Experience

Abstract

SMKN 2 Malang adalah salah satu sekolah menengah kejuruan di Kota Malang yang memiliki program PKL untuk melatih keterampilan siswa dalam bekerja. Pelaksanaan PKL di SMKN 2 Malang masih dilakukan secara manual menggunakan aplikasi spreadsheet yang mengakibatkan panjangnya proses pengelolaan data pendaftaran PKL, pengambilan keputusan penempatan, hingga proses monitoring. Oleh karena itu, diperlukan perancangan pengalaman pengguna untuk menggali aspek people, activity, dan context permasalahan ini untuk menghasilkan desain yang memenuhi kebutuhan fungsional maupun non-fungsional dan mempermudah pelaksanaan kegiatan PKL. Perancangan ini menggunakan pendekatan Design Thinking, sedangkan untuk pengujian rancangan menggunakan Usability Testing dan Single Ease Question (SEQ). Pada penelitian ini dimasukan context awareness yang berisikan informasi pengguna berupa waktu, lokasi, aktivitas, dan identitas. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan observasi serta wawancara, menganalisis data, dan hasil analisis data. Penelitian ini melibatkan 4 kelompok pengguna guru pembimbing PKL, siswa, admin, dan DU/DI.  Pengujian dilakukan untuk mengukur efektivitas, efisiensi, dan kemudahan dari rancangan. Pengujian efektivitas mendapatkan nilai 94,44% dan dinyatakan sukses sudah melebihi 78% sebagai standar kelulusan pengujian efektivitas. Pengujian efisiensi mendapatkan nilai rata-rata 0,178 dalam penyelesaian setiap task. Pengujian kepuasan mendapatkan nilai 6,67 dan nilai tersebut sudah melebih 5,5 sebagai standar kelulusan pengujian kepuasan.

References

Ardiani, L, & Ridwan, 2020. EVALUASI PELAKSANAAN PROGRAM PRAKTEK KERJA INDUSTRI (PRAKERIN). [Online] Tersedia di<https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JIPP/article/download/25300/15303> [Diakses 27 Agustus 2022].

Carera, N., Afirianto, T., & Rokhmawati, R. (2022). Pengembangan Sistem Informasi Alumni Sekolah Berbasis Web Menggunakan Framework Laravel di SMK Negeri 7 Malang. Edu Komputika Journal, 9 (1), 1 - 11. https://doi.org/10.15294/edukomputika.v9i1.48923

Doddy, S., 2018. 35 User Research Interview Questions. [online] Tersedia di< https://www.sarahdoody.com/user-research-interview-questions/> [Diakses pada 10 November 2022].

Gibbons, S., 2016. Design Thinking 101. [online] Tersedia di< https://www.nngroup.com/articles/design-thinking/ > [Diakses pada 22 September 2022].

Hariri,D,H, Hannie,H, & Purnamasari,I., 2022. Analisis User Experience pada Website Waste4change Menggunakan Metode Single Ease Question <https://jurnal.peneliti.net/index.php/JIWP> [Diakses 31 Oktober 2022].

Indrawati, A., Wardayanti, Y., Romadlon, M., & Arif, A. (2020). Perancangan Aplikasi ’Studi Al-Qur’an Intensif’ Berbasis Website dengan menggunakan Pendekatan Design Sprint (Studi Kasus Studi Al-Qur’an Intensif UINSA). Edu Komputika Journal, 7(1), 24-32. https://doi.org/10.15294/edukomputika.v7i1.38754

Moran, K., 2019. Usability Testing 101. [Online] Tersedia di: < https://www.nngroup.com/articles/usability-testing-101//> [Diakses 31 Agustus 2022].

Nielsen, J., 2012. Usability 101: Introduction to Usability. [Online] Tersedia di: < https://www.nngroup.com/articles/usability-101-introduction-to-usability/> [Diakses 31 Agustus 2022].

Putra,D,H., Asfi, M. & Fahrudin, R., 2021. PERANCANGAN UI/UX MENGGUNAKAN METODE DESIGN THINKING BERBASIS WEB PADA LAPORTEA COMPANY. [online] Tersedia di<https://journal.widyatama.ac.id/index.php/jitter/article/view/730/560>[Dikases pada 30 Agustus 2022].

Rahman, M.S, et all., 2021. PERANCANGAN APLIKASI MONITORING KEGIATAN PRAKTEK KERJA INDUSTRI (PRAKERIN) SISWA SMK. [Online] Tersedia di: < https://ojs.uniska-bjm.ac.id/index.php/JIT/article/view/5177>. [Diakses 30 Juli 2022].

Ranasinghe, Y.S., Walpola, M.J., 2016. Integrating Context-Awareness with Reminder Tools. International Conference on Advances in ICT for Emerging Regions, [e-journal] (1). 216-221. Tersedia di: IEEE Xplore Digital Library <http://ieeexplore. ieee.org> [Diakses 6 Mei 2023]

Sauro, J., 2012. What Is A Good Task-Completion Rate. [Online] Tersedia di: < https://measuringu.com/task-completion/> [Diakses 31 Agustus 2022].

Sergeev, A., 2019. User interface design and UX/usability evaluation. [Online] Tersedia di: < http://ui-designer.net/usability/efficiency.html> [Diakses 31 Agustus 2022].

Syafarina,G,A & Rusdina, 2020. PROTOTYPE APLIKASI PENGELOLAAN KEGIATAN PKL (PRAKTEK KERJA INDUSTRI) DAN PKL (PRAKTEK KERJA LAPANGAN) BERBASIS WEB. [Online] Tersedia di< https://ojs.uniska-bjm.ac.id/index.php/JIT/article/view/3281 > [Diakses 27 Agustus 2022].

Syahputra, Y., & Musril, H. (2022). Perancangan Aplikasi Bursa Kerja Khusus di SMKN 1 Bukittinggi. Edu Komputika Journal, 9(1), 53 - 59. https://doi.org/10.15294/edukomputika.v9i1.47292

Wetzlinger, W., Auinger, A. & Dörflinger, M., 2014. Design, User Experience, and Usability. Theories, Methods, and Tools for Designing the User Experience. [online] Tersedia di <https://link.springer.com/book/10.1007/978-3-319-07668-3>[Dikases pada 30 Agustus 2022]

Published
2023-07-31
How to Cite
Rokhmawati, R., Widiyanto, A., & Rachmadi, A. (2023). Perancangan User Experience Sistem PKL Berbasis Website Menerapkan Context Awareness dan Metode Design Thinking di SMKN 2 Malang. Edu Komputika Journal, 10(1), 17 - 26. https://doi.org/10.15294/edukomputika.v10i1.69945