PENGARUH KEPUASAN, ANTUSIASME, DAN SWITCHING BARRIER TERHADAP LOYALITAS ANGGOTA PADA KOPERASI SERBA USAHA

Main Article Content

Siti Maghfiroh
Rusdarti Rusdarti

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kepuasan anggota, antusiasme anggota, switching barrier, dan loyalitas anggota pada Koperasi Serba Usaha (KSU) “Merak†Rembang Kabupaten Purbalingga tahun 2015, untuk menganalisis pengaruh kepuasan, antusiasme, dan switching barrier terhadap loyalitas anggota baik secara bersama-sama maupun secara parsial pada Koperasi Serba Usaha (KSU) “Merak†Rembang Kabupaten Purbalingga tahun 2015. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh anggota Koperasi Serba Usaha (KSU) “Merak†Rembang Kabupaten Purbalingga sebanyak 194 orang. Sampel yang digunaka dalam penelitian ini sebanyak 66 orang dengan teknik pengambilan sampel berupa simple random sampling. Metode pengumpulan data menggunakan metode angket dan dokumentasi. Metode analisis data menggunakan analisis deskriptif persentase dan analisis regresi berganda dengan bantuan program olah data SPSS 16.00 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepuasan anggota dalam kategorikan puas, antusiasme anggota rendah, switching barrier dalam kategori rendah. Sedangkan loyalitas anggota dalam kategori kurang loyal dengah hasil analisis regresi Y= 4,425+0,159X1+0,393X2+0,266X3. Besarnya pengaruh kepuasan, antusiasme, dan switching barrier secara bersama-sama sebesar 57,6%, sisanya 42,4% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini, sedangkan secara parsial kepuasan anggota berpengaruh sebesar 15,68%, antusiasme anggota berpengaruh sebesar 20,70%, switching barrier berpengaruh 9,86% pada loyalitas anggota Koperasi Serba Usaha (KSU) Merak Rembang Kab. Purbalingga.

This research aims to descibe satisfaction, enthusiasm, and Switching Barrier on members’ loyalty of “Merak†Multipurpose Cooperative (KSU) Rembang Purbalingga, to analyze the influence of satisfaction, enthusiasm, and  switching barrier on members’ loyalty of “Merak†Multipurpose Cooperative (KSU) Rembang Purbalingga 2015 both simultaneously and partially. The population in this study were all members of the “Merak†Multipurpose Cooperative (KSU) Rembang Purbalingga as many as 194 people. The sample used in this study were 66 people chosen by simple random sampling technique. Methods of data collection used were questionnaires and documentation. Then the data was  analyzed using percentages descriptions and multiple regression analysis using SPSS 16.00 for windows program. The result showed that the members’ satisfaction belong to satisfaction category, the members’ enthusiasm belong to low category, switching barrier belong to low category, and members’ loyalty belong to less loyal category with Y regression equation = 4.425 + 0,159X1 + 0,393X2 + 0,266X3. The amount of the influence of satisfaction, enthusiasm, and switching barrier on the members’ loyalty simultaneously was 57.6%, the remaining 42.4% was influenced by other variables not examined in this study, while partially, the influence of members’ satisfaction was 15.68%, the members’ enthusiasm was 20.70%, and the switching barrier was 9,86 % on the the members’ loyalty of “Merak†Multipurpose Cooperative (KSU) Rembang Purbalingga Regency 2015.

Article Details

How to Cite
Maghfiroh, S., & Rusdarti, R. (1). PENGARUH KEPUASAN, ANTUSIASME, DAN SWITCHING BARRIER TERHADAP LOYALITAS ANGGOTA PADA KOPERASI SERBA USAHA. Economic Education Analysis Journal, 5(1). Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/eeaj/article/view/10004
Section
Articles

References

Asytuti, Rinda, dkk. 2013. Pengaruh Kepercayaan, Kepuasan, terhadap Loyalitasdengan Kepemimpinan Pengurus sebagai Variabel Moderating (Studi Kasus BMT Bahtera, BMT di Pekalongan, dan Kospin Jasa Syariah Cabang Pekalongan). Jurnal Mananjemen dan Bisnis. Vol. 10, No. 2.

Bramson, Robert. 2005. Customer Loyalty: 50 Strategi Ampuh Membangun dan Mempertahankan Loyalitas Pelanggan. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Ekawati, Ratna Dewi, dkk. 2014. Pengaruh Citra, Pelayanan, Kepuasan terhadap Loyalitas Anggota pada Koperasi Wanita Persada Mandiri Salatiga. Economic Education Analysis Journal 3 (1).

Ghozali, Imam. 2005. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 19. Semarang: Badan Penerbit UNDIP.

Griffin, Jill. 2005. Customer Loyalty: Menumbuhkan dan Mempertahankan Kesetiaan Pelanggan. Alih Bahasa: Dwi Kartini Yahya. Jakarta:Erlangga.

Hasibuan, Malayu SP. 2009. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.

Kartajaya, Hermawan. 2006. Hermawan Kartajaya on Selling Seri 9 ElemenMarketing. Bandung: Mizan Pustaka.

______, 2006. Hermawan Kartajaya on Service Seri 9 Elemen Marketing. Bandung: Mizan Pustaka.

Kotler, Philip dan Gary Amstrong. 2001. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller.2009. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip. 2009. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Lucas, Robert W. 2005. Customer Service: Building Successful Skill for the Twenty First Century. New York: Mc Graw-Hill.

Mardalis, Ahmad. 2005. Meraih Loyalitas Pelanggan. Jurnal Manajemen dan Bisnis. Vol 9 No 2.


Ranaweera, Chatura, and Prabhu, Jaideep. 2003. The Influence of Satisfaction, Trust, and Switching Barriers On Customer Retention In a Continuous Purchasing Setting. International Journal of Service Industry Management. Vol 14.

Rangkuti, Ferddy. 2002. Meansuring Customer Satisfaction. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Reichheld, Frederick F. 2003. The One Number You Need to Grow. Harvad Bussines Review.
Tjiptono, Fandy. 2004. Total Quality Service. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Tjiptono, Fandy. 2006. Manajemen Jasa. Yogyakarta: Penerbit Andi.

______. 2014. Pemasaran Jasa. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Tung,Gu-Shin, dkk. 2011. Promotion, Switching Barriers, and Loyalty. Australian Journal of Business and Management Research. Vol.1 No.2.

Undang-Undang RI Nomor 25 Tahun 1992 tentang: Perkoperasian.