PERAN SUMBER DAYA MANUSIA KOPERASI (SDMK) DALAM ASPEK PENILAIAN MANAJEMEN PENILAIAN KESEHATAN KOPERASI

Main Article Content

Wahyu Setyorini
Kusumantoro Kusumantoro

Abstract

Penilaian kesehatan pada Koperasi Karyawan Pura Group menunjukkan kategori “CUKUP SEHAT†dengan skor terlemah pada aspek manajemen. Hal ini mengindikasikan adanya kelemahan dalam manajemen Koperasi Karyawan Pura Group.Manajemen berkaitan dengan Sumber Daya Manusia Koperasi (SDMK), sehingga penelitian ditujukan untuk mengetahui bagaimana peran dari Sumber Daya Manusia Koperasi (SDMK).Metode penelitian yang dipakai dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian menunjukkan peran manajer Koperasi adalah; (a) membuat kebijakan yang disetujui oleh pengurus; (b) mengelola modal dan asset yang dimiliki Koperasi; (c) menjaga komunikasi dengan anggota Koperasi dan karyawan dibawahnya, dan (d) mengawasi dan menilai prestasi kerja karyawan-karyawan Koperasi. Sedangkan peran karyawan Koperasi adalah: (a) berkompetensi dalam pekerjaan yang dilakukan; (b) memiliki kemampuan komunikasi yang efektif; (c) memiliki kesopanan dalam interaksinya di dalam Koperasi, dan (d) memahami kebutuhan anggota Koperasi. Dan peran anggota Koperasi adalah: (a) memenuhi semua kewajiban dan melunasi segala pembayaran kepada Koperasi, dan (b) mematuhi keputusan mayoritas atau menaati keputusan yang dihasilkan dalam Rapat Anggota Tahunan.Kesimpulan dari penelitian ini adalah peran SDM Koperasi Karyawan Pura Group masih belum optimal jika dibandingkan dengan potensi yang ada. Hal tersebut dikarenakan lemahnya pengelolaan manajerial Koperasi dan lampiran-lampiran yang mendukung penilaian kesehatan Koperasi tidak terdokumentasi dengan jelas. 

Cooperative health assessment conducted in Cooperative Employees of Pura Group showed the achievement of the category "HEALTHY ENOUGH". The weakest scores is in the aspect of management. This indicates weaknesses in its management which related to Human Resources Cooperative. This research aimed to find out how the role of the Human Resources Cooperative. The research method used in this research is descriptive qualitative and done by observation, interview and documentation. Results from the study showed the role of managers Cooperative are; (a) create an operational policy approved by the board; (b) managing capital and assets owned cooperatives; (c) maintain communication with cooperative members and employees below, and (d) monitor and assess the performance of employees Cooperative. Then the role of employees Cooperative are: (a) competent in the work performed; (b) have effective communication skills; (c) have the decency in his interactions in the Cooperative, and (d) understand the needs of cooperative members. And the role of cooperative members are: (a) fulfill all obligations and settle all payments to cooperatives, and (b) abide by the majority decision or comply with the decision resulting in the Annual Member Meeting.The conclusion from this study showed that the human resources’ role is unoptimal. This is due to a weak managerial Cooperative and the appendices that support in decreasing score of health cooperative assessment is not well documented.

 

Article Details

How to Cite
Setyorini, W., & Kusumantoro, K. (1). PERAN SUMBER DAYA MANUSIA KOPERASI (SDMK) DALAM ASPEK PENILAIAN MANAJEMEN PENILAIAN KESEHATAN KOPERASI. Economic Education Analysis Journal, 5(1). Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/eeaj/article/view/10005
Section
Articles

References

Badan Pusat Statistika. 2013. Tabel Perkembangan Koperasi pada Periode 1967 -2013. http://www.bps.go.id/tab_sub/view.php?kat=2&tabel=1&daftar=1&id_subyek=13¬ab=44. Diakses pada tanggal 6 Maret 2015.
Dessler, Gary. 2008. Manajemen Sumber Daya Manusia Edisi Kesepuluh Jilid 1. Terjemahan Paramita Rahayu. PT Indeks.
Djamil, Fathurrahman. 1999. “Korupsi, Kolusi dan Nepotisme (KKN): DALAM Perspektif Hukum dan Moral Islam”. Dalam Hamid, Edy Suandi dan Muhammad Sayuti (Ed.), Korupsi, Kolusi dan Nepotisme di Indonesia. Yogyakarta: Aditya Media. Hal. 103-114.
Hendrojogi. 2012. Koperasi Asas-asas, Teori dan Praktik. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.
Satmoko dan Soejitno Irmim. 2005. Peran Strategis Manajer SDM. Seyma Media.
Soesilo, M. Iskandar. 2008. Dinamika Gerakan Koperasi Indonesia Corak Perjuangan Ekonomi Rakyat Dalam Menggapai Sejahtera Bersama. Jakarta Selatan: PT. Wahana Semesta Intermedia.
Sofyandi, Herman. 2008. Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: Graha Ilmu
Sukamdiyo, Ign. 1996. Manajemen Koperasi. Jakarta: Erlangga.
Suryani, Tatik., Sri Lestari, dan Wiwik Lestari. 2008. Manajemen Koperasi. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Trisnawani, Tuti. 2009. Akuntansi Untuk Koperasi dan UMKM. Jakarta: Salemba Empat.