PENGARUH EFIKASI DIRI, MINAT KERJA, DAN BIMBINGAN KARIR TERHADAP KESIAPAN KERJA SISWA smk PROGRAM KEHLIAN AKUNTANSI

Main Article Content

Alfi Kurniawati
Sandy Arief

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh efikasi diri, minat kerja, dan bimbingan karir kesiapan kerja siswa baik secara simultan maupun parsial. Populasi dan sampel pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI Program Keahlian Akuntansi. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode angket/kuesioner, dokumentasi, dan wawancara. Variabel dependen pada penelitian ini yaitu kesiapan kerja. Variabel independennya yaitu efikasi diri, minat kerja, dan bimbingan karir. Hasil uji hipotesis simultan menunjukkan bahwa ada pengaruh efikasi diri, minat kerja, dan bimbingan karir terhadap kesiapan kerja. Hasil uji hipotesis secara parsial menunjukkan bahwa ada pengaruh efikasi diri terhadap kesiapan kerja, ada pengaruh minat kerja terhadap kesiapan kerja dan ada pengaruh bimbingan karir terhadap kesiapan kerja. Simpulan dari penelitian ini yaitu efikasi diri, minat kerja, dan bimbingan karir berpengaruh terhadap kesiapan kerja secara simultan maupun secara parsial. Saran yang diberikan dalam penelitian ini adalah siswa hendaknya meningkatkan kesiapan kerja mereka, peningkatan terhadap efikasi diri siswa; peningkatan terhadap pemahaman mengenai minat siswa; dan guru hendaknya meningkatkan pelayanan bimbingan karir.

This study aimed to examine the influence of self efficacy, work interest, and career guidance toward work readiness  either simultaneously or partially. population and sample in this research were students of class XI Accounting. Data collection method in this research using questionnaires / questionnaire, documentation and interviews. The dependent variable in this research is work readiness. Independent variables namely self efficacy, work interest, and career guidance. Conclusions from this research that the self efficacy, work interest, and career guidance affect the work readiness either simultaneously or partially The suggestions are, based this research, students should improve their work readiness; improve students’s self efficacy, improve students to understand about work interest: and teachers should improve career guidance.

Article Details

How to Cite
Kurniawati, A., & Arief, S. (1). PENGARUH EFIKASI DIRI, MINAT KERJA, DAN BIMBINGAN KARIR TERHADAP KESIAPAN KERJA SISWA smk PROGRAM KEHLIAN AKUNTANSI. Economic Education Analysis Journal, 5(1). Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/eeaj/article/view/10010
Section
Articles

References

Badan Pusat Statistik (BPS) Kendal. 2014. Banyaknya Pencari Kerja pada Tahun 2013. http://www.kendalkab.bps.go.id/?hal=publikasi_detil&id=63.html. (4 Februari 2015).
Brown dan Inouge dalam A. Bandura. 1997. Self-Efficacy: The Exercise of Control. New York: W.H.Freeman and Company.
Cardoso, Paulo. 2009. Self Efficacy beliefs and The Relation between career planning and perception of barriers.International Journal for Educational and Vocational Guidance. Volume 6. Page 47-63. Springer University.
Dalyono, M. 2009. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Dirwanto. 2008. Analisis faktor-faktor yang Mempengaruhi Kesiapan Kerja pada SMK Ma’arif NU Kesesi Kabupaten Pekalongan Tahun Ajaran 2007/2008. Tesis. Surakarta: Universitas Sebelas Maret.
Ghozali, Imam. 2011. Aplikasi Analisis Multivariate Program IBM SPSS 19 (Edisi 5). Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Feist, J. & Feist, G. 2008. Theories of Personality. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Hirschi, Andreas. 2008. Increasing The Career Choise Readiness of Young Adolescents: an evaluation study.International Journal Education Vocational Guidance. Volume 8. Page 95-110. Springer University.
Komalasari, Gantina, dkk. 2011.Teori dan Teknik Konseling. Jakarta : PT Indeks.
MetroTV News. 2014. Seperti Apa Ekonomi Indonesia 2015?. http://m.metrotvnews.com/read/2014/12/12/331088/seperti-apa-ekonomi-indonesia-2015.html.(28 Januari 2015).
Menik, Fitriyani. 2014. Upaya-upaya Peningkatan Kesiapan Kerja Peserta Didik Lulusan Sekolah Menengah Kejuruan di Kabupaten Karanganyar.Dalam Jurnal Pendidikan Ekonomi. Volume 2 No.2. hal 97-108. Universitas Negeri Semarang.
Mu’ayati, Rofi’ul. 2014. Pengaruh Praktik Kerja Industri (Prakerin), Penguasaan Mata Diklat Produktif Akuntansi dan Minat Kerja terhadap Kesiapan Menghadapi Dunia Kerja Siswa SMK N 1 Salatiga tahun ajaran 2013/2014. Dalam Jurnal Pendidikan Ekonomi. Universitas Negeri Semarang.
Noviana. 2014. Pengaruh Hasil Belajar Mata Pelajaran Produktif Akuntansi, Program Praktik Kerja Industri, dan Self Efficacy terhadap Kesiapan Kerja Siswa Kelas XII Program Keahlian Akuntansi SMK N 1 Kendal Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi. Jurusan Pendidikan Ekonomi. Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Semarang.
Rifa’i, Ahmad dan Catharina Tri Anni. 2011. Psikologi Pendidikan. Semarang: UNNES Press.
Romadhoni, Rizal Pallevi. 2010. Kontribusi Minat Kerja dan Kemampuan Akademis terhadap Kesiapan Kerja. Dalam Jurnal Pendidikan Teknik Mesin, Volume 10, No.2, Hal.72-76. Semarang: Universitas Negeri Semarang.
Utami, Yudi, Ganing, Dwi. 2013. Self Efficacy dengan Kesiapan Kerja Siswa Sekolah Menengah Kejuruan. Dalam Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan, Volume 01. No.1, Hal 39-51. Malang: Universitas Muhammadiyah Malang.
Sanjaya, Wina. 2011. Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Prenada Media Group.
Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
SMK N 1 Kendal. 2015.
http://smkn1kendal.sch.id/v/2012/html/profil.php. Profil SMK N 1 Kendal. (28 Januari 2015).
Walgito, Bimo. Bimbingan dan Konseling ( Studi & Karir). 2004. Yogyakarta: ANDI Yogyakarta.
Yusuf, Muri A. 2005. Kiat Sukses dalam Karier. Padang: PT Ghalia Indonesia.