HUBUNGAN KEPRIBADIAN, PERAN KELUARGA, DAN LINGKUNGAN MASYARAKAT DENGAN MINAT BERWIRAUSAHA SISWA KELAS XI BISNIS MANAJEMEN SMK NEGERI 1 PURBALINGGA
Main Article Content
Abstract
Minat berwirausaha dipengaruhi oleh beberapa faktor, diantaranya kepribadian, peran keluarga, dan lingkungan masyarakat. Hasil observasi awal menunjukkan bahwa terdapat masalah pada minat berwirausaha siswa kelas XI Bisnis Manajemen SMK Negeri 1 Purbalingga berdasarkan hasil penelusuran lulusan siswa Bisnis Manajemen selama 4 tahun terakhir. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kepribadian, peran keluarga, dan lingkungan masyarakat dengan minat berwirausaha. Metode analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif persentase dan analisis korelasi Product Moment. Hasil penelitian menunjukkan ada hubungan positif dan signifikan antara kepribadian dengan minat berwirausaha, ada hubungan positif dan signifikan antara peran keluarga dengan minat berwirausaha, ada hubungan positif dan signifikan antara lingkungan masyarakat dengan minat berwirausaha. Selain itu, terdapat pengaruh kepribadian, peran keluarga, dan lingkungan masyarakat terhadap minat berwirausaha. Disimpulkan, kepribadian, peran keluarga, dan lingkungan masyarakat berhubungan positif dan signifikan dengan minat berwirausaha.
Business interest is influenced by some factors, including personality, the role of family, dan society’s environment. The result of initial observation shows that there was a problem in business interest of grade XI of business management students SMK Negeri 1 Purbalingga, based on the investigation to alumnus of business management students in the last 4 years. This research aims to find out the correlation of personality, the role of family, and society’s environment with business interest. Analysis data method used satistic descriptive presentation and correlation analysis Product Moment. The result of this research shows that there was positive and significant correlation between personality with business interest, there was positive and significant correlation between the role of family with business interest, there was positive and significant correlation between society’s environment with business interest. There was influence personality, the role of family, and society’s environment toward business interest. It can be concluded that personality, the role of family, and society’s environment positive and significant correlate with business interest.