PENGARUH KOMPETENSI PROFESIONAL GURU, LINGKUNGAN KELUARGA, DAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA KELAS X ADMINISTRASI PERKANTORAN DI SMK PANGUDI LUHUR TARCISIUS 1 SEMARANG

Main Article Content

Kristin Wahyuni
Palupiningdyah Palupiningdyah

Abstract

Kondisi belajar mengajar yang efektif adalah adanya minat dan perhatian siswa dalam belajar untuk mencapai tujuan pembelajaran yang baik. Berdasarkan observasi awal ditemukan bahwa guru telah memenuhi kompetensi profesional guru, lingkungan keluarga yang mendukung, serta fasilitas belajar yang memadahi untuk belajar. Akan tetapi ditemui bahwa masih rendahnya minat belajar siswa kelas X Administrasi Perkantoran.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kompetensi profesional guru, lingkungan keluarga, dan fasilitas belajar terhadap minat belajar siswa secara simultan maupun parsial. Populasi dan sampel penelitian ini adalah siswa kelas X jurusan Administrasi Perkantoran  SMK Pangudi Luhur Tarcisius 1 Semarang berjumlah 99 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara, angket, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif persentase dan regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa analisis linear berganda diperoleh persamaan: Y = 1,770 + 0,211X1 + 0,275X2 + 0,440X3.. Secara simultan (R2) kompetensi profesional guru, lingkungan keluarga, dan fasilitas belajar berpengaruh terhadap minat belajar siswa sebesar 44,8% dan sisanya 55,2% dipengaruhi oleh sebab lain yang tidak dikaji dalam penelitian ini.


An effective teaching and learning condition is when students have interest and attention in learning to reach the teaching and learning purposes well. Based on the early observation, it was found that teachers had fulfilled their professional competences, supportive family environment, and well-equipped learning facilities to study. However, it was found the tenth grader students of Office Administration Department still had low learning interest. The purposes of this study are to know the influence of teacher professional competences, family environment, and learning facilities towards the students’ learning interest simulaneously and partially. The population and sample of this study were 99 tenth grader students of Office Administration Department in SMK Pangudi Luhur Tarcisius 1 Semarang. The methods of collecting data used interview, questionnaire, and documentation. The data analysis used descriptive analysis of percentage and multiple regression analysis. The result of the study showed that the multiple regression analysis obtained the equation of: Y= 1,770 + 0,211X1 + 0,275X2 + 0,440X3. Simultaneously (R2) the teachers’ professional competences, family environment, and learning facilities gave the influence of 44,8%  towards the students’ learning interest and the rest of the data which was 55,2%, it was infuenced by other factors which were not studied in this research.

Article Details

How to Cite
Wahyuni, K., & Palupiningdyah, P. (2017). PENGARUH KOMPETENSI PROFESIONAL GURU, LINGKUNGAN KELUARGA, DAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA KELAS X ADMINISTRASI PERKANTORAN DI SMK PANGUDI LUHUR TARCISIUS 1 SEMARANG. Economic Education Analysis Journal, 6(1), 47-58. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/eeaj/article/view/13472
Section
Articles