PENGARUH KOMUNIKASI NON FORMAL, DISIPLIN KERJA, KOMPETENSI PEGAWAI DAN EMPATI PEGAWAI TATA USAHA TERHADAP PELAYANAN SISWA SMK PALEBON SEMARANG
Main Article Content
Abstract
Pelayanan siswa disekolah merupakan salah satu komponen penting dalam mendukung kelancaran proses pembelajaran. Apabila pelayanan yang diberikan buruk maka siswa akan merasa kesulitan untuk mengurus segala administrasi dan memperoleh informasi yang dibutuhkan. Berdasarkan data wawancara dengan lima siswa SMK Palebon Semarang diperoleh masih adanya gap antara harapan dan kenyataan tentang pelayanan yang diberikan Tata Usaha ke siswa SMK Palebon Semarang. Berdasarkan latar belakang masalah diatas dapat diperoleh rumusan masalah apakah ada pengaruh komunikasi non formal, disiplin kerja, kompetensi pegawai dan empati pegawai tata usaha terhadap pelayanan siswa SMK Palebon Semarang?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh komunikasi non formal, disiplin kerja, kompetensi pegawai dan empati pegawai Tata Usaha terhadap Pelayanan Siswa SMK Palebon Semarang. . Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif. Metode pengumpulan data menggunakan angket. Metode analisis data menggunakan regresi linear berganda, uji asumsi klasik, uji hipotesis dan analisis deskriptif. Y = 1,775 + 0,277 X1 + 0,123 X2 + 0,285 X3 + 0,39 X4 + e. Hasil uji simultan diperoleh Fhitung sebesar 57.601 dengan signifikansi 0,000 < 0,05.. Besarnya pengaruh secara simultan antara pengaruh komunikasi non formal, disiplin kerja, kompetensi pegawai dan empati pegawai terhadap pelayanan sebesar 61,3%. Pengaruh secara parsial variabel komunikasi non formal yaitu 12,5%, disiplin kerja yaitu 3,8%, kompetensi pegawai yaitu 13,2% sedangkan empati yaitu 16,6%.
Services students` is one important component in supporting the learning process. If the service provided is poor then the students will find it difficult to take care of all administrative and obtain the information needed. Based on data from interviews with five vocational students obtained Palebon Semarang is still a gap between expectations and the reality of the service given to vocational students Administrative Palebon Semarang. Based on the background of the above problems can be obtained formulation of the problem is there any influence of non-formal communication, work discipline, employee competence and empathy clerical employees with the services of vocational students Palebon Semarang ?. This study aims to determine whether there is influence of non-formal communication, work discipline, employee competence and empathy towards employees Administrative Services Vocational students Palebon Semarang. , This study includes quantitative research. Methods of data collection using the questionnaire. Methods of data analysis using multiple linear regression, the classic assumption test, test hypotheses and descriptive analysis. Y = 1.775 + 0.277 + 0.123 X1 + 0.285 X2 X3 + X4 + 0.39 e. The test results obtained Fhitung 57 601 simultaneous with significance 0.000 <0.05 .. The amount of influence simultaneously the influence of non-formal communication, work discipline, employee competence and empathy employees with the services of 61.3%. Influence in partial non formal communication that is 12.5%, which is 3.8% of labor discipline, the competence of employees is 13.2%, while empathy is 16.6%.