PERAN EFIKASI DIRI DALAM MEMEDIASI PENGARUH PERENCANAAN KARIER DAN LINGKUNGAN TEMAN SEBAYA TERHADAP MINAT MELANJUTKAN PENDIDIKAN KE PERGURUAN TINGGI SISWA SMA NEGERI 2 SLAWI
Main Article Content
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran efikasi diri dalam memediasi pengaruh perencanaan karier dan lingkungan teman sebaya terhadap minat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi pada siswa kelas XII SMA Negeri 2 Slawi tahun pelajaran 2015/2016. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII IPS SMA Negeri 2 Rembang Slawi tahun pelajaran 2015/2016. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah sampel jenuh sejumlah 115 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner atau angket. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, analisis jalur, sobel test. Hasil penelitian menunjukan adanya hubungan positif dan signifikan antara semua variabel secara parsial yakni perencanaan karier terhadap minat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi (11,5%), lingkungan teman sebaya terhadap minat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi (7,2%), efikasi diri terhadap minat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi (29,8%), perencanaan karier terhadap efikasi diri (7,4%), lingkungan teman sebaya terhadap efikasi diri (12,6%). Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa efikasi diri dapat memediasi pengaruh perencanaan karier maupun lingkungan teman sebaya terhadap minat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi.
The aim of this research is to know the role of learning way in mediating the effect of self-efficacy as a source of career planning and peer environment toward students’ interest in continuing education to collage at SMA N 2 Slawi Academic Year 2015/2016. The population of the study was all students in XII IPS SMAN 2 SLAWI academic year 2015/2016 and the total was 115 students, then the researcher used a sample saturated to conduct this study. Data collection method used is the method of questionnaire method. Data analysis method used is descriptive analyze, path analyze and sobel test. The results showed a positive and significant correlation between all variables partially is the use of the career planning toward students’ interest in continuing education to collage (11,5%), peer environment toward students’ interest in continuing education to collage (7,2%), self-efficacy toward students’ interest in continuing education to collage (29,8%), the career planning toward self-efficacy (7,4%), peer environment toward self-efficacy (12,6%). The result of this study also showed that self-efficacy can be as a mediation of career planning and peers environment effects toward interest in continuing education to the collage