PENGARUH PRAKTIK KERJA LAPANGAN, BIMBINGAN KARIR, DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KESIAPAN KERJA SISWA KELAS XII SMK NEGERI 1 KARANGANYAR DI KABUPATEN KEBUMEN
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh praktik kerja lapangan, bimbingan karir, dan motivasi kerja terhadap kesiapan kerja siswa kelas XII program keahlian tata niaga SMK Negeri 1 Karanganyart tahun ajaran 2015/2016. Pengambilan sampel tiap kelas menggunakan proportional random sampling. Metode yang digunakan untuk pengambilan data adalah angket dan dokumentasi. Data variabel dianalisis dengan analisis deskriptif dan analisis regresi berganda. Hasil penelitian secara statistik menunjukkan bahwa terdapat pengaruh praktik kerja lapangan terhadap kesiapan kerja sebesar 4,28%, bimbingan karir terhadap kesiapan kerja sebesar 12,96%, dan motivasi kerja terhadap kesiapan kerja sebesar 12,60%. Dapat disimpulkan bahwa praktik kerja lapangan, bimbingan karir, dan motivasi kerja berpengaruh terhadap kesiapan kerja. Saran yang diberikan kepada pihak sekolah agar menambah tempat praktik kerja lapangan agar memberikan pengalaman yang lebih menarik kepada siswa, sehingga diharapkan siswa lebih siap untuk dapat bekerja sesuai dengan bidang keahliannya.
This study aims to determine whether there is influence of internship program, career guidance, and job motivation towards the job readiness of XII grade student of commerce program of SMK Negeri 1 Karanganyar in academic year 2015/2016. The Sampling of each class using Proportional Random Sampling. The method used in data collection are questionnaires and documentation. Variables data were analyzed using descriptive analysis and multiple regression analysis. The results statistically show that internship affect the student’s job readiness at 4,28%, Career guidance effect on student’s job readiness by 12,96% and job motivation effect on student’s job readiness by 12,60%. The suggestion that can be given to the school in order to add the location of internship program in order to provide more enganging exprerience to the students, so it is expected that students are better prepared to be able to work according to their ecpertise.