PENGARUH DISIPLIN BELAJAR, FASILITAS BELAJAR DAN PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN TYPING MASTER TERHADAP KECEPATAN MENGETIK 10 JARI BUTA PADA SISWA KELAS X SMK PGRI 1 MEJOBO KUDUS PROGRAM KEAHLIAN ADMINISTRASI PERKANTORAN

Main Article Content

Novia Arum Hidayatri
Hengky Pramusinto

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah adakah pengaruh disiplin belajar, fasilitas beajar dan penggunaan media pembelajaran typing master terhadap kecepatan mengetik 10 jari buta di SMK PGRI 1 Mejobo Kudus. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMK PGRI 1 Mejobo Kudus program keahlian administrasi perkantoran yang berjumlah 60 siswa. Teknik pengambilan sampel yang dipakai dalam penelitian ini adalah teknik sampling jenuh. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu kuesioner, tes, wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda dengan bantuan program SPSS. Hasil regresi linier berganda diperoleh persamaan Y = -1507,9 + 25,787X1 + 28,961X2 + 17,638X3. Simpulan penelitian ini adalah ada pengaruh disiplin belajar, fasilitas belajar dan penggunaan media pembelajaran typing master secara simultan terhadap kecepatan mengetik 10 jari buta sebesar 55,6%, ada pengaruh disiplin belajar secara parsial terhadap kecepatan mengetik 10 jari buta sebesar 24,90%, ada pengaruh fasilitas belajar secara parsial terhadap kecepatan mengetik 10 jari buta sebesar 19,01% dan ada pengaruh penggunaan media pembelajaran typing master secara parsial terhadap kecepatan mengetik 10 jari buta sebesar 9,49%.


The problem in this tudy is there any effect of discipline study, facilities study, and the using of learning media of  typing master of the speed typing 10 finger blind in Grade of Office Administration Program in SMK PGRI 1 of Mejobo Kudus. The population in this study is all of students in X Grade of Office Administration Program in SMK PGRI 1 of Mejobo Kudus which amounts to 60 students. The sampling technique used in this study is saturated sampling technique. Data collection methods used in this study is using the questionnaires, test, interviews, observation and documentation. Analysis of data using multiple regression analysis with SPSS. The result obtained by multiple linear regression analysis was equation Y =  -1507,9 + 25,787X1 + 28,961X2 + 17,638X3.  The Conclusions of this study is there is the effect of discipline study, facilities study, and the using of learning media of typing master simultaneously to the speed typing 10 finger is 55,6%, there is the effect of discipline study partially to the speed typing 10 finger is 24,90%, there is the effect of facilities study partially to the speed typing 10 finger is 19,01% and there are the effect of the using of learning media of typing master partially to speed typing 10 finger is 9,49%.

Article Details

How to Cite
Hidayatri, N., & Pramusinto, H. (2017). PENGARUH DISIPLIN BELAJAR, FASILITAS BELAJAR DAN PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN TYPING MASTER TERHADAP KECEPATAN MENGETIK 10 JARI BUTA PADA SISWA KELAS X SMK PGRI 1 MEJOBO KUDUS PROGRAM KEAHLIAN ADMINISTRASI PERKANTORAN. Economic Education Analysis Journal, 6(1), 150-160. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/eeaj/article/view/13481
Section
Articles