PENGARUH KONDISI FISIK SISWA DAN LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP MOTIVASI BELAJAR BIDANG STUDI EKONOMI SISWA KELAS X MA NU IBTIDAUL FALAH KUDUS TAHUN AJARAN 2015/2016
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini dimaksud untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh kondisi fisik siswa dan lingkungan sekolah terhadap motivasi belajar bidang studi ekonomi siswa kelas X MA NU Ibtidaul Falah Kudus tahun ajaran 2015/2016. Populasi penelitin ini, berjumlah 220 siswa, dengan rumus Slovin diperoleh sampel 69 siswa serta menggunakan teknik proporsional random sampling. Data diperoleh dari dokumentasi dan observasi, secara khusus data primer diperoleh dari angket atau koesioner. Analisis data mengunakan analisis deskriptif presentase dan analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kondisi fisik siswa dalam kategori baik, tetapi dalam batas minimum, lingkungan sekolah dalam kategori baik yang memadai. Sedangkan motivasi belajar ekonomi dalam kategori kurang baik. Hasil analisis regresi:Y=3,241+0,424X1+0,291X2. Secara parsial terhadap motivasi belajar ekonomi, kondisi fisik siswa berpengaruh sebesar 9,06%, sedangkan lingkungan sekolah berpengaruh sebesar 14,21%. Kemudian secara simultan, kondisi fisik siswa dan lingkungan sekolahberpengaruh terhadap motivasi belajar ekonomi sebesar 33%, sisanya 67%dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
This study sought to determine whether there is influence students' physical condition and school environment on motivation to learn the field of economic study class X MA NU Ibtidaul Falah kudus academic year 2015 / 2016. Populasi this experiment, totaling 220 students, according to the formula Slovin sample obtained 69 students and use proportional random sampling technique. Data obtained from the documentation and observation, in particular primary data obtained from the questionnaire or koesioner. Data analysis using descriptive analysis and analisisregresi percentage of regression. The results showed that the physical condition of students in both categories well, but to a minimum, the school environment in both categories were adequate. While the motivation study economic in the unfavorable category. Results of regression analysis: Y = 3.241 + 0,424X1 + 0,291X2. Partially on motivation to learn economics, affect students' physical condition at 9.06%, while the influence of the school environment by 14.21%. Then simultaneously, the physical condition of the students and the environment sekolahberpengaruh on motivation to learn economics by 33%, the remaining 67% is influenced by other variables not examined in this study.