PERSEPSI SISWA MENGENAI KOMPETENSI GURU DAN PENGARUHNYA TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA IPS SMA DI KABUPATEN SEMARANG
Main Article Content
Abstract
Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah Pengaruh Persepsi Siswa Mengenai Kompetensi Guru (Pedagogik, Kepribadian, Profesional dan Sosial) Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi pada Siswa Kelas XI IPS SMA di Kabupaten Semarang Tahun Ajaran 2014/2015. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS SMA di Kabupaten Semarang yang terdiri dari SMA Negeri 1 Bergas, SMA Islam Sudirman Ambarawa dan SMA Negeri 1 Tuntang yang diambil menggunakan proporsional random sampling perhitungan Isaac dan Michael. Pengumpulan data dengan metode dokumentasi dan angket. Secara simultan terdapat pengaruh positif dan signifikan persepsi siswa mengenai kompetensi guru (Pedagogik, Kepribadian, Profesional dan Sosial) terhadap prestasi belajar yaitu sebesar 87,8%. Sedangkan secara parsial terdapat pengaruh positif dan signifikan persepsi siswa mengenai kompetensi pedagogik terhadap prestasi belajar sebesar 6,8%, kompetensi kepribadian sebesar 4,4%, kompetensi profesional sebesar 12,8% dan kompetensi sosial sebesar 3,3%. Berdasarkan hasil penelitian di atas, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh persepsi siswa mengenai kompetensi guru (Pedagogik, Kepribadian, Profesional dan Sosial) terhadap prestasi belajar. Saran kepada guru hendaknya lebih menjaga komunikasi yang baik, kondusif, dan efektif dengan siswa, sesama pendidik, orangtua/wali dan masyarakat sekitar. Seorang guru harus bersikap baik dan konsisten dengan ucapan dan perbuatannya, karena guru merupakan figur sentral yang akan dicontoh dan diteladani oleh siswa.
The problem discussed in this study is the effect of students’ perception about teachers’ competences (pedagogical, personal, professional and social) on economic learning achievement of eleventh grade social science students in Semarang Regency in the Academic Year 2014/2015. Population used in this study is students of eleventh grade social science students in Semarang regency including SMA Negeri 1 Bergas, SMA Islam SudirmanAmbarawa and SMA Negeri 1 Tuntang taken by proportional random sampling, Isaacand Michael calculation. Methods of collecting data are documentation and questionnaire. Simultaneously, there are positive and significant effects of students’ perception about teachers’ competences (pedagogical, personal, professional and social) to learning achievement in the amount of 87,8%. While the partially, there are positive and significant effects of students’ perception about pedagogical competence to learning achievement in the amount of 6,8%; personal competence in the amount of 4,4%, professional competence in the amount of 12,8%, and social competence in the amount of 3,3%. Based on those findings, it can be concluded that there is an effect of students’ perception about teachers’ competences (pedagogical, personal, professional and social) on economic learning achievement. It is suggested for the teachers keep good, conducive, and effective communication with students, other teachers, students’ parents, and society. A teacher has to have a good manner and be consistent on his words and deeds since teacher is a central figure which is a role model for students.