PENGARUH FASILITAS PERPUSTAKAAN DAN PELAYANAN PERPUSTAKAAN TERHADAP MINAT MEMBACA DI PERPUSTAKAAN

Main Article Content

Dewi Cahyani Purwaningsih
Ismiyati Ismiyati

Abstract

Minat merupakan langkah awal seseorang melakukan sesuatu hal. Siswa yang memiliki minat yang tinggi terhadap sesuatu akan melakukan hal apapun untuk memenuhi apa yang ia butuhkan, seperti halnya membaca. Permasalahan dalam penelitian ini diketahui bahwa cukup rendahnya minat membaca siswa di perpustakaan SMK N 1 Kendal. Hal ini dilihat dari jumlah pengunjung dan peminjam buku di perpustakaan SMK N 1 Kendal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh fasilitas perpustakaan dan pelayanan perpustakaan terhadap minat membaca siswa kelas XI di perpustakaan SMK N 1 Kendal. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI di SMK N 1 Kendal tahun 2015 berjumlah 387 siswa. 80 siswa dijadikan sampel penelitian yang diambil dengan teknik Proportional Random Sampling. Metode pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Metode analisis data menggunakan deskriptif persentase dan regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persamaan regresi linier berganda adalah Y = 11,784 + 0,370X1 + 0,400X2. Besarnya pengaruh secara simultan antara fasilitas perpustakaan dan pelayanan perpustakaan terhadap minat membaca siswa kelas XI di SMK N 1 Kendal sebesar 55,1%. Variabel yang memberikan pengaruh paling besar terhadap minat membaca siswa kelas XI di perpustakaan SMK N 1 Kendal secara parsial adalah pelayanan perpustakaan yaitu sebesar 28,73%, sendangkan untuk fasilitas perpustakaan memberikan pengaruh lebih kecil yaitu 21,2%. Simpulan dari penelitian ini adalah ada pengaruh fasilitas perpustakaan dan pelayanan perpustakaan terhadap minat membaca siswa kelas XI di SMK N 1 Kendal. Saran dari penelitian ini adalah; 1) petugas perpustakaan lebih teliti kembali dalam pencatatan jumlah permintaan buku yang dibutuhkan, mengecek kembali koleksi buku yang ada, serta menuliskan surat permohonan pemberian buku terbaru ke pihak sekolah untuk di ajukan ke Dinas Pendidikan kota Kendal, 2) Hendaknya jumlah meja kursi baca ditambahkan lagi dan ditata rapi, 3) Hendaknya petugas perpustakaan memberikan kegiatan bimbingan belajar dengan siswa-siswi. Kegiatan itu seperti membantu mengarahkan pencarian literatur yang dipakai saat guru memberikan tugas di perpustakaan maupun belajar kelompok di perpustakaan.


Interest is the people’s first step in doing something. Students who have high interest on something will do everything to fulfill what they need such as, on reading. The problem of this research was the students’ low reading interest at SMK N 1 Kendal. This problem can be seen from the number of visitors and the book borrowers at SMK N 1 Kendal Library. The objective of this research was to know the influence of library facilities and library service toward XI grade students’ reading interest at SMK N 1 Kendal. It was a quantitative research. The population of this study were XI grade students of SMK N 1 Kendal at the amount of 387. 80 students were chosen as the study sample taken by Proportional Random Sampling technique. The data were collected by questionnaires and documentation. Then, the data were analyzed by percentage descriptive analysis and multiple linear regression. The results of the study showed that the equation of multiple linear regression was Y = 11.784 + 0.370X1 + 0.400X2 . The simultaneous influence of the library facilities and library service toward XI grade student’s reading interest was 55.1%. The most influential variable toward XI Grade Student’s Reading Interest at SMK N 1 Kendal was library service which partially influenced up to 28.73%. Whereas; the library facilities  gave lower influence for 21.2%. Based on the result above, it can be concluded that there were the influence library facilities and library service toward XI Grade Student’s Reading Interest at SMK N 1 Kendal. Then, it is suggested for: 1) librarian to be more careful in registry of on demand books needed, rechecking the collection of the books, and write the newest books provision application to educational agency of Kendal City, 2) the table should the number of seats read added again and laid out neatly, 3) let library officials give activities guidance learn by the students. The as help guide search literature that worn while teachers give an assignment in the library and learn group in the library.

Article Details

How to Cite
Purwaningsih, D., & Ismiyati, I. (2017). PENGARUH FASILITAS PERPUSTAKAAN DAN PELAYANAN PERPUSTAKAAN TERHADAP MINAT MEMBACA DI PERPUSTAKAAN. Economic Education Analysis Journal, 5(2), 456. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/eeaj/article/view/13577
Section
Articles